17 Pantai Baru Di Jogja Yang Paling Indah Dan Belum Terjamah

shares

Pantai Di Jogja - Sobat traveler, inilah rekomendasi pantai baru di Jogja yang paling indah dan belum terjamah oleh banyak wisatawan. Mulai dari pantai-pantai tersembunyi berpasir putih hingga pantai hits yang cocok untuk camping anak muda ada semua disini.

Kawasan Provinsi Yogyakarta bagian selatan terutama Gunung Kidul dan Bantul memang kaya akan deretan pantai cantik nan eksotis. Hempasan gelombang yang besar, pasir putih, batu karang yang terjal, hingga bioata laut yang unik menjadi daya tarik tersendiri pantai-pantai disini.

Nah, bagi kamu yang ngaku pecinta pantai, rasanya tidak sah kalau belum mengunjungi tempat wisata pantai terindah yang ada di daerah Jogja bagian selatan ini. Oleh karena itu, segera agendakan liburanmu ke sini ya gaes, rugi banget deh kalau ke kota Gudeg tanpa menikmati keindahan pantainya.

Daftar Pantai Baru Di Jogja Yang Paling Indah Dan Belum Terjamah

1. Pantai Wohkudu

Pantai Baru Di Jogja
Ilustrasi Pantai Baru Di Jogja yang bernama Pantai Wohkudu (Foto via yogyafoto.blogspot.co.id)
Pantai Wohkudu termasuk pantai baru yang cocok untuk camping di Jogja terutama bagi traveler muda. Pantainya memang relatif kecil, namun keindahan serta suasananya yang masih sepi akan membuat kamu merasakan seperti berada di private beach.

Pantai ini diapit oleh 2 bukit dan mempunyai pasir putih hingga padang rumput yang cukup luas. Tak ayal, pemandangan disini sangatlah indah memanjakan mata. Bahkan, keasrian Pantai Wohkudu akan bisa membuat kamu betah untuk berlama-lama menikmati deburan ombak dan desiran suara angin.

Pantai Wohkudu
Ilustrasi Pantai Wohkudu di foto dari atas (Foto : IG )
Alamatnya berada di Nglaos, Dukuh Wiroso, Girikarto, Panggang, Girikarto, Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Harga tiket masuk Pantai Wohkudu sekitar 3 ribu rupiah dan parkir 2 ribu rupiah. Bagi kamu yang akan kesini, sebaiknya membawa bekal makanan dan minuman karena di pantai tidak ada orang berjualan.

2. Pantai Kesirat

Pantai Kesirat
Pantai Kesirat (Foto : IG @aconkyeah)
Berbeda dengan kebanyakan pantai indah di Gunung Kidul yang berpasir putih, Pantai Kesirat menyuguhkan pesona tebing batu karang yang instagenic. Dari atas pinggiran pantai, kamu dapat menyaksikan birunya air laut dan suara ombak yang menghantam karang.

Pantai ini juga dikenal sebagai salah satu spot mancing di Jogja karena tempat singgah ikan-ikan besar. Bahkan kabarnya menurut para pemancing, hiu tutul, paus maupun lumba-lumba sering terlihat ketika musim migrasi tiba disini.

Pantai yang terletak di Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Gunungkidul ini juga asik buat ngecamp dan menyaksikan matahari tenggelam (sun set). Harga tiketnya cukup murah, hanya 5 ribu rupiah, parkir motor 2 ribu rupiah, dan parkir mobil sekitar 5 ribu rupiah.

3. Pantai Sinden dan Pulau Kalong

Pantai Sinden dan Pulau Kalong
Pantai Sinden dan Pulau Kalong (Foto : IG @jejakbayuubay)
Aneka tempat plesir di Jogja memang tak ada habisnya, satu lagi pantai eksotis hadir untuk menemani liburan kamu, yaitu pantai Pantai Sinden dengan Pulau Kalongnya.
 Lokasinya berada di Jepitu, Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Sama seperti halnya Pantai Kesirat, disini juga kamu tidak akan menemui pasir putih karena
 Pantai Sinden termasuk tipe pantai tebing. Namun, ada spot unik disini yang tak bisa kamu temui di pantai lain, namanya Pulau Kalong.

Sesuai dengan namanya, Pulau Kalong memang dihuni oleh sejumlah kelelawar (baca : kalong). Untuk mencapai pulau ini, kamu harus menggunakan "gantole" atau jembatan kayu sederhana seperti halnya di Pantai Timang. Jadi, benar-benar menguji nyali dan memacu adrenalin. Harus ekstra hati-hati gaes!

4. Pantai Cemara Sewu

Pantai Cemara Sewu
Pantai Cemara Sewu (Foto : IG @camellianisa)
Mendengar namanya, tentu kamu sudah bisa menebak bahwa di pantai ini akan dijumpai pohon cemara bukan? Ya, memang benar gaes, Pantai Cemara Sewu ini memiliki semacam hutan cemara yang indah dan cantik.

Hamparan laut biru yang luas dengan pasir hitam kecoklatan serta rindangnya pohon cemara disini menjadi daya tarik utama bagi wisatawan. Tak hanya itu, suasananya yang hening karena masih jarang dikunjungi membuat kamu akan betah berlama-lama menikmati hembusan angin pantai disini.

Pantas rasanya kalau Pantai Cemara Sewu dimasukkan dalam daftar tempat wisata terindah di Bantul yang wajib dikunjungi. Pantai ini juga layak dijadikan tempat foto prewedding di Jogja karena hutan cemara disini sungguh instagramable banget.

Oya, bila kamu tertarik dengan Pantai Cemara Sewu, alamatnya ada di Jl. Pantai Parangkusumo, Parangtritis, Kec. Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Fasilitas yang tersedia di pantai ini sudah lumayan lengkap, seperti Gazebo, Jembatan Selfie, dan warung warung jajanan.

Untuk harga tiket masuknya menjadi satu retribusi dengan Pantai Parangtritis yaitu sebesar Rp.5.000,- dan biaya parkir kendaraan motor Rp.3000,- sedangkan mobil Rp.5.000,-. Jangan lupa siapkan kamera dengan full baterai ya, biar bisa puas narsis atau selfie.

5. Pantai Watulawang

Pantai Watulawang
Pantai Watulawang (Foto : IG @suryojdb)
Bagi kamu yang sedang mencari tempat wisata baru di Jogja yang lagi hits maka Pantai Watulawang bisa menjadi pilihan yang tepat. Pantai ini menawarkan keindahan panorama berupa bebatuan karang dengan pasir putih.

Dinamakan Watulawang karena memang disini ada goa bernama Watulawang yang digunakan untuk upacara adat nyadran masyarakat setempat. Pantai yang disebelah timur goa tampak lebih luas dari pada bagian barat goa dan sering digunakan untuk olah raga air.

Alamat pantai ini berada di Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta. Fasilitas yang tersedia lumayan lengkap meskipun masih sederhana seperti kamar mandi, warung makanan dan minuman, tempat parkir dan tempat berteduh.

6. Pantai Watu Lumbung

Pantai Watu Lumbung
Pantai Watu Lumbung (Foto : IG @exploredjogja)
Pantai Watu Lumbung terletak di daerah Balong, Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Berkunjung ke pantai ini, kamu akan disuguhi deretan batu karang, tebing, dan ombak besar seperti halnya pantai-pantai di Kebumen serta kawasan pesisir Pulau Jawa lainnya.

Ada spot unik yang menjadi daya tarik wisatawan, yaitu formasi batu karang mirip sebuah lumbung (baca : tempat menyimpan padi). Mungkin karena hal itulah pantai indah ini dinamakan Watu Lumbung. Pemandangan sunset disini juga indah, sayang kalau dilewatkan begitu saja.

Rute jalan menuju ke lokasi Pantai Watu Lumbung terbilang sulit, dari tempat parkir kamu masih harus trekking menuruni bukit menuju ke bibir pantai. Mungkin karena medan yang susah tersebut, menjadikan pantai ini jarang dikunjungi oleh wisatawan.

7. Pantai Jungwok

Pantai Jungwok
Pantai Jungwok (Foto : IG @roseliaa_)
Satu lagi pantai di Jogja yang asik buat camping yaitu Pantai Jungwok. Letaknya di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul. Tepatnya sekitar 500 meter dari Pantai Wediombo yang juga menjadi lokasi favorit untuk kemah anak-anak muda.

Pantai Jungwok memiliki garis pantai yang melengkung dengan pasir putih yang lembut. Kamu juga bisa bertemu para pencari lobster disini lho. Tak hanya itu, kamu juga bisa melihat banyaknya ikan-ikan berenang bebas kesana kemari menghiasi beningnya air laut disini. Asik bukan?

8. Pantai Ngandong

Pantai Ngandong
Pantai Ngandong (Foto : IG @haryosetyadi)
Tak kalah dengan deretan pantai indah di Bali dan Pulau Lombok, Jogja juga punya sejumlah pantai cantik tersembunyi yang eksotis. Salah satunya adalah Pantai Ngandong yang terletak di Jalan Pantai Selatan Jawa, Sidoharjo, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul.

Pantai ini memang belum begitu populer seperti Pantai Siung atau Indrayanti, namun pesona dari pantai ini layak disandingkan dengan kedua pantai tersebut. Begitu sampai disini, kamu akan disambut dengan butiran pasir putih, lautan biru, dan ombak pantai yang relatif tenang.

Di sebelah kanan dan kiri, kamu bisa melihat perbukitan batu kars yang sangat indah. Warna hijau di bukitnya seolah menjadi pemandangan cantik saat berpadu dengan pasir putih dan lautan biru. Batu-batu karang yang terletak di lepas lautan pun akan semakin menggoda kamu untuk segera membuka lensa kamera.

9. Pantai Ngrumput

Pantai Ngrumput
Pantai Ngrumput (Foto : IG @nickanoiko)
Pantai Ngrumput merupakan pantai pasir putih yang berlokasi di bawah Bukit Kosakora. Jadi, ketika berkunjung kesini, kamu bisa sekalian menyambangi Bukit Kosakora yang lagi ngehits sebagai spot foto kekinian ala anak-anak IG.

Secara administratif, pantai ini berada di Desa Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul. Pantai Ngrumput memiliki beberapa titik tebing tinggi, sebuah lorong gua dan batu karang bolong (baca : berlubang).

Hal menarik yang patut kamu lihat adalah ketika ombak datang dan melewati lubang yang cukup besar di pinggir karang berlubang tersebut. Untuk dapat sampai ke Pantai Ngrumput, kamu harus start melalui Pantai Drini. Kamu harus berjalan kurang lebih 20-30 menit.

10. Pantai Pok Tunggal

pantai di Jogja yang paling indah
Ilustrasi salah satu pantai di Jogja yang paling indah yaitu Pantai Pok Tunggal (Foto : IG @sandrawmulia)
Tidak perlu diragukan lagi bahwa keindahan pantai-pantai Gunungkidul tak jauh berbeda dengan pantai indah yang ada di Malang Jawa Timur. Sebut saja Pantai Pok Tunggal dengan hamparan pasir putih serta sunset yang menenangkan jiwa.

Sebatang pohon Duras (baca : Pok) yang ikonik dan tebing-tebing karang yang membatasinya, membuat pantai ini semakin cantik. Tak ayal, siapapun yang datang kesini akan betah untuk berlama-lama menikmatinya.

Pantai Pok Tunggal
Ilustrasi sunset di Pantai Pok Tunggal (Foto : yogyes.com)
Pantai yang beralamat di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul ini mempunyai bibir pantai yang landai sehingga cukup aman untuk bermain air. Fasilitas yang tersedia juga cukup lengkap, seperti gazebo atau payung, toilet, dan warung-warung yang menjajakan makanan dan minuman.

11. Pantai Peyuyon

Pantai Peyuyon
Pantai Peyuyon (Foto : IG @zain507_)
Pantai Peyuyon termasuk salah satu tempat wisata indah di Gunung Kidul yang tersembunyi karena belum banyak wisatawan mengetahuinya. Hamparan pasir putihnya memang tak terlalu luas, namun keindahan dan keasriannya membuat siapapun akan terbius olehnya.

Lokasi pantai yang masih "perawan" atau "virgin" ini terletak di Kanigoro, Sapto Sari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pasir pantainya masih sangat bersih, airnya jernih kebiru-biruan, dan di dalamnya banyak sekali ikan kecil berenang.

Kamu juga akan menemukan cukup banyak pohon pandan yang menghiasi Pantai Peyuyon. Dua buah tebing kokoh di kanan dan kirinya membuat suasana tak begitu panas ketika matahari bersinar. Tempatnya enak juga buat ngecamp gaes.

12. Pantai Watu Kodok

Pantai Watu Kodok
Pantai Watu Kodok (Foto : IG @suryojdb)
Daya tarik pantai baru di Yogyakarta yang satu ini terletak pada hamparan pasir putih dan karang-karang terjang sepanjang pantai. Disebut dengan nama Pantai Watu Kodok konon kabarnya karena adanya batu karang disini yang berbentuk menyerupai kodok.

Berlokasi di Banjarejo, Desa Kemadang, Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Pantai Watu Kodok menyuguhkan pemandangan indah nan alami yang tenang, jauh dari hiruk pikuk perkotaan.

Buat kamu yang akan kesini, sebaiknya membawa bekal yang cukup seperti alas duduk, makanan, dan minuman karena fasilitasnya masih sangat minim.

13. Pantai Sadranan

Pantai Sadranan
Pantai Sadranan (Foto : IG @alfrhmnhd_)
Siapa bilang di Jogja gak bisa snorkeling? Ada neh satu pantai indah yang bagus buat kegiatan snorkeling saat liburan. Namanya Pantai Sadranan, terletak di Dusun Pulegundes II, Desa Sidoarjo, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul.

Mencari spot snorkeling dan diving di daerah Yogyakarta memang agak sulit, mengingat pantai-pantai disini memiliki ciri khas berupa ombak yang sangat besar dan ganas. Namun, ombak di Pantai Sadranan nampaknya bersahabat untuk kegiatan snorkeling.

Kamu bisa menikmati keindahan terumbu karang dan ikan-ikan kecil disini. Meskipun gak seindah terumbu karang di Kepulauan Seribu dan Karimun Jawa, cukup rasanya kalau untuk sekedar merasakan sensasi snorkeling.

Di pantai ini, kamu juga bisa menikmati hamparan pasir putih dan keindahan senja di yang mempesona. Harga tiket masuknya sekitar 10 ribu rupiah. Bagi kamu yang ingin menyewa alat snorkeling harus menyediakan budget kurang lebih 50 ribu rupiah untuk menyewa alatnya.

14. Pantai Ngeden

Pantai Ngeden
Pantai Ngeden (Foto : @waf_fiq)
Masih di kawasan Gunung Kidul, tepatnya di Krambil Sawit, Sapto Sari, ada satu lagi pantai baru yang tak kalah indah bila dibandingkan dengan pantai-pantai tersebut diatas, yaitu Pantai Ngeden.

Pantai ini menawarkan hamparan pasir putih yang bersih dan alami. Dengan diapit oleh dua tebing kokoh, membuat Pantai Ngeden atau yang sering disebut Ngedan menjadi semakin eksotis. Seolah-olah seperti pantai pribadi yang mungil.

Garis pantainya yang tak begitu luas serta masih dipenuhi karang, membuat kesan alami benar-benar terasa disini. Selain itu, tempat ini juga kabarnya bisa buat spot mancing karena berbatasan langsung dengan perairan laut dalam yang biasanya kaya ikan.

15. Pantai Sedahan

Pantai Sedahan
Pantai Sedahan (Foto : IG @m.ibnuabd_)
Bagi kamu yang sedang mencari pantai baru di Jogja buat camping maka Pantai Sedahan bisa menjadi pilihan yang tepat. Hamparan pasir putih dan tebing hijau yang mengapitnya menjadikan pantai ini asyik buat ngecamp bersama teman atau sahabat.

Mengingat belum ada fasilitas yang memadahi, bila kamu ingin kesini untuk sekedar refreshing atau pun berkemah, sebaiknya membawa perbekalan yang cukup seperti makanan, minuman, tenda, alat masak, tikar, dan lampu.

Untuk alamat lengkap Pantai Sedahan terletak di Jepitu, Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul. Kondisinya masih sepi serta belum banyak wisatawan yang berkunjung kesini. Jadi, pantai ini masih benar-benar terjaga keasriannya.

16. Pantai Ngetun

Pantai Ngetun
Pantai Ngetun (Foto : IG @faizaryana)
Ada satu lagi pantai mungil nan cantik yang belum terjamah oleh banyak wisatawan, yaitu Pantai Ngetun. Lokasinya berada di Sureng, Purwodadi, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul.

Keunikan dan keistimewaan Pantai Ngetun terletak pada hamparan pasir putih yang bersih serta pemandangan perbukitan atau tebing hijau yang mengapitnya. Jika dilihat dari atas bukit, pantai ini tampak seperti sebuah teluk kecil yang indah.

Akses jalan menuju ke Pantai Ngetun tergolong sulit karena jalannya masih berbatu dan belum diaspal. Pastikan kondisi fisik dan kendaraan kamu dalam keadaan prima sebelum berkunjung kesini. Karena papan petunjuknya relatif kecil, alangkah baiknya bila bertanya kepada warga setempat bila bingung.

17. Pantai Butuh

Pantai Butuh
Pantai Butuh (Foto : @ponkge)
Buat kamu yang lagi butuh ketenangan alam untuk menghilangkan penat dari rutinitas sehari-hari, Pantai Butuh yang terletak di Krambilsawit, Saptosari, Kabupaten Gunung Kidul bisa menjadi alternatif pilihan yang pas untuk liburan.

Pantai berpasir putih nan elok ini masih sangat jarang dikunjungi wisatawan, tak heran jika suasana sepi dan tenang begitu terasa disini. Kamu hanya akan ditemani suara hembusan angin laut serta hempasan gelombang pantai.

Diapit oleh dua batu karang besar, membuat Pantai Butuh seolah-olah tersembunyi dari penglihatan banyak orang. Untuk menikmati kedamaian disini, kamu hanya akan dikenakan tarif sekitar 10 ribu rupiah per orang. Murah meriah bukan?

Nah, itu dia deretan pantai nan indah yang bisa kamu kunjungi saat liburan di kota Yogyakarta dan sekitarnya. Cantiknya benar-benar kebangetan kan? Rugi deh kalau sampai melewatkan satu pantai pun! Bagi kamu yang punya info terkini tentang pantai baru di Jogja yang lagi hits, bisa menambahkannya melalui kolom komentar.

Related Posts