Jangan Ke Pantai Pok Tunggal Gunung Kidul Sebelum Baca Ini!

shares

Pantai Pok Tunggal - Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta memang dianugerahi deretan pantai cantik nan indah dengan hamparan pasir putih. Salah satunya adalah Pantai Pok Tunggal yang sedang hits belakangan ini dikalangan wisatawan.

Nah, buat kamu yang tertarik untuk mengunjungi pantai ini, wajib deh baca ulasan dari Tempat Plesir terlebih dahulu sehingga akan membuat liburanmu menjadi lebih asik dan nyaman. Review yang disajikan ini cukup lengkap, mulai dari daya tarik, lokasi dan rute jalan, hingga biaya retribusi yang harus dibayar ketika kesini.

Keindahan Dan Keunikan Pantai Pok Tunggal

Sebagai salah satu pendatang baru dibelantika pariwisata Yogyakarta, Pantai Pok Tunggal memiliki sejumlah keindahan yang bisa disandingkan dengan pantai-pantai yang sudah terlebih dahulu terkenal seperti pantai Parangtritis dan Pantai Indrayanti.

Setidaknya ada 5 kecantikan dan keunikan yang dimiliki oleh Pantai Pok Tunggal yang akan membuat siapa saja tertarik untuk menyambanginya. Kira-kira apa saja ya? Yuk, simak langsung uraiannya berikut ini!

1. Pohon Duras Yang Ikonik

Pohon Duras Pantai Pok Tunggal
Ilustrasi Pohon Duras di Pantai Pok Tunggal (Foto : poktunggalgunungkidul.wordpress.com)
Ciri khas Pantai Pok Tunggal adalah adanya sebuah pohon bernama pohon duras yang tumbuh ditepi pantai. Pohon yang menjadi ikon pantai ini konon sulit tumbuh dan sangat dijaga keberadaannya oleh penduduk setempat. Jadi, jangan kaget ya bila ada teguran ketika memanjat pohon tersebut.

Mungkin nama pantai ini pun terlahir dari nama Pohon Duras (Pokok) yang cuma ada satu (tunggal) disini. Sehingga orang-orang pun menyebutnya dengan nama Pantai Pok Tunggal. Entah dari mana pun namanya, yang jelas keelokan Pohon Duras ini layak kamu abadikan saat kesini.

2. Pasir Putih Dan Ombak Yang Tenang

Pantai Pok Tunggal
Ilustrasi hamparan pasir putih di Pantai Pok Tunggal (Foto : IG @sandrawmulia)
Tak dapat dipungkiri, Pantai Pok Tunggal memang layak dinobatkan sebagai salah satu pantai baru di Jogja yang paling indah dan cantik. Hamparan pasir putih dengan ombak biru yang tenang menghempas, sungguh akan memanjakan mata sepanjang hari.

Pasir pantainya yang lumayan lembut akan membuat kamu betah berjalan-jalan ditepi pantai sambil sesekali bermain air. Kamu juga bisa memandang keindahan birunya laut melalui tenda-tenda yang berjajar dipinggir pantai sambil ditemani suara ombak dan semilirnya angin pantai.

3. Sunset Yang Cantik Dan Tebing Karang Tinggi Nan Eksotis

Sunset Pantai Pok Tunggal
Ilustrasi sunset di Pantai Pok Tunggal (Foto : yogyes.com)
Tak hanya pantainya yang bersih, Pantai Pok Tunggal juga menjadi lokasi berburu sunset terbaik di Yogyakarta. Datanglah kesini menjelang sore saat cuaca cerah, maka kamu akan melihat kecantikan matahari tenggelam menuju ke peraduannya.

Pantai Pok Tunggal juga dikelilingi tebing-tebing karang yang tinggi sekitar 50 meter-an. Tebing yang berdiri agagh ini seolah-olah melindungi pantai ini dari terjangan gelombang dan angin Samudera Hindia.



tebing karang Pantai Pok Tunggal
Ilustrasi tebing karang di Pantai Pok Tunggal (Foto : IG @ss_eyes)
Bila kamu bernyali dan membawa peralatan keamanan, bisa memanjat tebing atau bukit disini untuk melihat keindahan Pantai Pok Tunggal dari ketinggian.

4. Tempat Yang Asik Dan Seru Untuk Camping

berkemah di Pantai Pok Tunggal
Ilustrasi berkemah di Pantai Pok Tunggal (Foto : via initempatwisata.com)
Buat kamu para camping mania, wajib deh nyobain ngecamp disini. Fasilitasnya yang lumayan lengkap dan kondisi pantai yang nyaman membuat Pantai Pok Tunggal layak menjadi pantai yang cocok untuk camping di Jogja.

Menikmati suasana malam Pantai Pok Tunggal dengan ditemani api unggun dan jagung bakar nampaknya menjadi momen yang menyenangkan. Apalagi sambil menyaksikan kerlip bintang dilangit yang mempesona, luar biasa serunya bukan?

5. Suasana Pantai Yang Alami Dan Sepi

suasana sepi dan tenang di Pantai Pok Tunggal
Ilustrasi suasana sepi dan tenang di Pantai Pok Tunggal (Foto : lookjogja.blogspot.co.id)
Pantai Pok Tunggal termasuk tempat wisata indah di Gunung Kidul yang memiliki suasana sepi dan alami karena masih jarang dikunjungi wisatawan. Hal inilah yang membuat pantai ini cocok untuk kamu kunjungi dalam rangka melepas penat dari keramaian kota.

Kamu akan bebas berlarian kesana kemari di sini, serasa pantai pribadi. Sebelah barat pantai ini juga lumayan aman untuk bermain air. Kamu juga bisa bebas berfoto dengan berbagai gaya tanpa ada rasa malu karena tak akan banyak orang yang melihatnya.

Baca Juga : Inilah Pantai Sadranan, Tempat Asik Untuk Snorkeling Dan Camping Di Jogja

Alamat Dan Lokasi Pantai Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal terletak di Kecamatan Tepus, Wonosari, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta. Untuk lebih jelasnya, silahkan melihat peta lokasi Pantai Pok Tunggal melalui google map berikut.

Rute Jalan Menuju Pantai Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal dapat ditempuh dengan kendaraan sekitar selama 1 jam dari pusat Kota Wonosari, Kabupaten Gunung Kidul. Nah, untuk rute dari pusat Kota Yogyakarta, langsung saja menuju ke jalan Jogja - Wonosari, ikuti terus hingga Kota Wonosari.

Dari arah Solo juga sama, langsung menuju ke arah jalan tersebut melalui jalan Prambanan Piyungan (dari Pasar Prambanan / depan Candi Prambanan) ke arah selatan mentok terus ikuti Jalan Jogja - Wonosari.

Setelah sampai di Wonosari, silahkan kamu bertanya ke pada warga setempat arah ke pertigaan Mulo. Dari pertigaan Mulo, kalau lurus kamu akan langsung menuju Pantai Baron. Untuk ke Pantai Pok Tunggal, kamu angsung saja mengambil arah kiri, ketika tiba di pertigaan menuju Pantai Sundak, langsung belok kanan.

Kamu akan disambut oleh papan bertuliskan Pok Tunggal. Jalan yang dilalui untuk menuju ke sini memang masih rusak dan agak sulit dilewati. Jadi harus ekstra hati-hati dan bawalah kendaraan dalam kondisi yang prima. Semoga saja sekarang jalannya sudah diperbaiki dan lancar.

Harga Tiket Masuk Pantai Pok Tunggal

Untuk memasuki pantai ini, kamu akan dikenakan tiket masuk seharga sekitar Rp.10.000,-, parkir motor Rp.3.000,-, dan parkir mobil Rp.5.000,-. Untuk sewa payung pantai dihargai Rp.20.000,-. Bagi kamu yang akan camping, ada tenda dome dengan tarif sewa Rp.60.000,-.

Fasilitas Yang Terdapat Di Pantai Pok Tunggal

Meskipun tergolong pantai yang relatif baru dibuka untuk kegiatan wisata, fasilitas yang tersedia di Pantai Pok Tunggal lumayan lengkap. Hal ini bisa dilihat dengan adanya tempat parkir, mushola, warung-warung kecil, payung pantai, tenda dome, dan kamar mandi / toilet.

Namun untuk jaga-jaga, sebaiknya kamu membawa bekal sendiri dari rumah sesuai dengan kebutuhan seperti topi, kacamata, sunblock untuk kulit, makanan, minuman, serta obat-obatan. Oya, jangan sampai ketingalan kamera kamu ya, karena rugi banget kalau tak bisa mengabadikan panorama alam nan indah disini.

Bagaimana sobat traveler? Sudah membaca ulasan tentang Pantai Pok Tunggal dari saya? Jika sudah, maka kamu bisa langsung mengagendakan kapan akan berkunjung ke pantai ini. Saran saya seh, datang ke Pantai Pok Tunggal Gunung Kidul saat musim kemarau atau cuaca cerah agar bisa mendapatkan spot foto yang bagus.

Related Posts