47 Tempat Bulan Madu Terbaik Dan Paling Romantis Di Indonesia

shares

Tempat Bulan Madu Di Indonesia - Buat para pengantin baru, berikut daftar rekomendasi tempat bulan madu terbaik dan paling romantis di indonesia yang wajib kamu ketahui. Tak perlu jauh-jauh ke luar negeri, negara kita juga banyak memiliki berbagai tempat wisata indah hingga resort mewah untuk honeymoon.

Nah, untuk membantu kamu yang akan berbulan madu, Tempat Plesir telah memilihkan sejumlah destinasi yang asik untuk menghabiskan waktu berduaan dengan pasanganmu. Soal harga tak usah kuatir, kamu tinggal pilih saja sesuai budget yang kamu punya, mau yang super mahal atau murah meriah ada semua disini.

tempat bulan madu di indonesia
Ilustrasi tempat bulan madu di Indonesia (Foto : Martha Suherman via visitindonesia-paradise.blogspot.co.id)

Daftar Tempat Bulan Madu Terbaik Dan Paling Romantis Di Indonesia

1. Nihiwatu Resort Sumba

tempat bulan madu terbaik di indonesia
Ilustrasi tempat bulan madu terbaik di Indonesia yaitu Nihiwatu Resort (Foto : IG @agusm123)
Pasangan yang baru saja menikah tentu akan mendambakan sebuah moment bulan madu yang sangat romantis dan berkesan. Nihiwatu Resort Sumba bisa menjadi tempat yang cocok untuk mewujudkan semua itu.

Dengan mengusung konsep ramah lingkungan (eco tourism), hotel terbaik di dunia ini menawarkan 33 jenis villa dengan kolam renang pribadi dan view pemandangan indah ke Pantai Nihi. Hamparan pasir putih nan lembut, birunya air laut, serta sunset yang menawan merupakan gambaran keindahan pantai di Nihiwatu.

Nihiwatu Resort
Ilustrasi Nihiwatu Resort (Foto : IG @golden_heart)
Ada banyak aktivitas seru dan asik yang bisa kamu lakukan berdua dengan pasangan disini, dari mulai trekking ke sejumlah tempat wisata indah di Sumba, paddle board, surfing, jet ski hingga scuba diving.

Tak hanya itu, Nihiwatu juga memadukan kemewahan dengan budaya lokal Sumba melalui berbagai kegiatan seperti berkuda Sandelwood, belajar menenun tenun ikat, memasak makanan lokal, hingga keliling pasar tradisional Waikabubak.

pantai pasir putih nihiwatu resort sumba
Ilustrasi pantai pasir putih yang indah di Nihiwatu Resort Sumba (Foto : IG mahakemala)
Danau We'ekuri
Ilustrasi Danau We'ekuri, salah satu destinasi wisata romantis yang bisa dikunjungi saat honeymoon di Nihiwatu Resort (Foto : IG @@golden_heart)
Dan asyiknya lagi, 90% staff pekerja disini adalah orang lokal Sumba lho, jadi kamu bisa langsung berinteraksi untuk lebih mengenal budaya Sumba. Dengan fasilitas kelas internasional, untuk menginap di Nihiwatu Resort memang harus menyiapkan uang yang lumayan banyak.

Harga villa yang paling murah saat low season di Nihiwatu dibanderol sekitar USD 650 atau Rp 8,4 juta per orang. Sedangkan yang paling mahal adalah villa Raja Mendaka yang bisa mencapai USD 12 ribu atau sekitar Rp 156 juta per orang.

2. Plataran L'Harmonie Bali

Plataran L'Harmonie Bali
Ilustrasi Plataran L'Harmonie Bali (Foto : IG @pl.menjangan)
Siapa seh yang tak kenal dengan Pulau Bali? Hampir semua wisatawan di seluruh dunia telah mengakui keindahan pantai hingga alamnya yang sangat eksotis. Ada banyak tempat wisata di Bali yang romantis untuk bulan madu, salah satunya adalah Plataran L'Harmonie Bali.

Tempat makan romantis di Plataran Menjangan Bali Resort
Tempat makan romantis di Plataran Menjangan Bali Resort (Foto : IG @pl.menjangan)
Berada di dalam Taman Nasional Bali Barat, Plataran L'Harmonie menyuguhkan sebuah resort mewah bertema alam (eco tourism) nan artistik dengan view panorama hutan belantara hingga lautan lepas. Suasananya begitu tenang dan sunyi, pas banget deh buat menghabiskan waktu seharian bersama pasanganmu.

infinity pool di Plataran Menjangan Resort
Ilustrasi infinity pool di Plataran Menjangan Resort (Foto : IG @tiniihitakara)
kapal phinisi Plataran Menjangan Resort Bali Barat
Kapal phinisi untuk bersantai di Plataran Menjangan Resort Bali Barat (Foto : IG @pl.menjangan)
Aktivitas menarik yang bisa kamu lakukan disini antara lain snorkeling, diving, berenang di infinity pool, trekking hutan, hingga bersantai di kapal pesiar pribadi (privat cruises) berbentuk pinisi. Ketika sore tiba, kamu bisa menikmati keindahan matahari terbenam (sunset) berdua sambil menikmati secangkir teh hangat. Sungguh momen yang sangat istimewa dan sempurna!

3. Misool Eco Resort Raja Ampat

tempat bulan madu terindah di indonesia
Ilustrasi tempat bulan madu terindah di Indonesia yaitu Raja Ampat (Foto : IG @ridhafauzia)
Kecantikan Raja Ampat yang terletak di Provinsi Papua Barat tentu tak usah diragukan lagi, terutama keindahan alam bawah lautnya. Kamu akan dapat menemukan ratusan jenis terumbu karang, ikan laut, dan biota laut yang cantik di perairannya.

Tak hanya itu, birunya air laut serta hamparan pasir putih pantainya yang begitu indah, akan membuat siapa saja betah disini. Tak ayal, Raja Ampat pun dinobatkan sebagai salah satu tempat wisata terbaik di dunia yang wajib dikunjungi.

Bukan hanya surga bagi para penyelam, Raja Ampat juga menjadi tempat yang cocok bagi para pengantin baru untuk bulan madu. Ada banyak resort romantis dengan fasilitas mewah yang bisa kamu pilih, misalnya saja  Misool Eco Resort.

Misool Eco Resort Raja Ampat
Misool Eco Resort Raja Ampat (Foto : IG @pierce_design)
Dengan tarif sewa hingga jutaan rupiah per malamnya, Misool Eco Resort menawarkan tempat bersantai bersama pasangan dengan view lautan biru khas Raja Ampat. Air lautnya yang sangat jernih membuat ikan-ikan hias dan terumbu karang dapat terlihat dengan jelas. Honeymoon kamu akan benar-benar sangat berkesan sempurna!

keindahan bawah laut di sekitar Misool Eco Resort Raja Ampat
Ilustrasi keindahan bawah laut di sekitar Misool Eco Resort Raja Ampat (Foto : IG @shawnheinrichs)
4. Four Seasons Resort Bali At Sayan, Ubud

Four Seasons Resort Bali At Sayan Ubud
Four Seasons Resort Bali At Sayan, Ubud (Foto : IG @putrii2553)
Ubud merupakan tempat yang penuh dengan ketenangan, tak ada hingar bingar pesta atau pun konser musik. Disini, kamu hanya akan menemui suasana damai alam pedesaan, sawah, dan hutan yang hijau. Hal inilah yang menjadikan Ubud sebagai tempat bulan madu terbaik di Bali favorit wisatawan.

Selain suasananya yang pas, berbagai tempat wisata di Ubud juga asyik untuk dikunjungi berdua bersama pasangan seperti bukit campuhan atau pun aneka museum bertema seni. Kamu juga bisa dinner romantis di restoran Swept Away at The Samaya, sebuah tempat makan unik di tepi aliran sungai.

tempat bulan madu romantis di indonesia
Ilustrasi tempat bulan madu romantis di Indonesia yaitu Swept Away at The Samaya, Ubud, Bali (Foto : IG @thesamayaubud)
Untuk bermalam, kamu tak usah kuatir, ada banyak pilihan hotel dan resort romantis di Ubud, diantaranya adalah Four Seasons Resort Bali At Sayan. Berlokasi di sebelah Sungai Ayung, Desa Sayan, Ubud, resort ini memiliki pemandangan alam yang sangat indah dengan dikelilingi oleh sawah dan diapit oleh 2 gunung.

tempat makan romantis di Four Seasons Resort Bali At Sayan Ubud
Ilustrasi tempat makan romantis tepi sungai di Four Seasons Resort Bali At Sayan, Ubud (Foto : IG @bali.onthespot)
Masing-masing suite dan vila disini memiliki ruang makan, area tempat duduk dengan sofa mewah, dan teras pribadi dengan pemandangan hijau. Kamu juga bisa melakukan aktivitas menenangkan seperti yoga, meditasi atau pun menjajal keseruan bercocok tanam dengan petani desa, bersepeda lintas sawah, hingga rafting di Sungai Ayung.

5. Kandui Resort Kepulauan Mentawai

Kandui Resort Kepulauan Mentawai
Kandui Resort, Kepulauan Mentawai (Foto : mentawaiislands.com)
Selain terkenal sebagai tempat surfing terbaik di Indonesia, Kepulauan Mentawai juga memiliki sejumlah resort indah untuk dijadikan lokasi bulan madu nan romantis. Kamu bisa menginap di Kandui Resort ala artis Hollywood seperti Liam Hemsworth, bintang film The Hunger Games.

Berhadapan langsung dengan keindahan pantai pasir putih, resort cantik yang terletak di Katurai, Siberut Barat Daya, Mentawai Sumatera Barat ini menawarkan fasilitas yang super lengkap. Ada villa The Umas yang nyaman untuk tempat menginap, The Restaurant, hingga The Game Room dimana kamu bisa bermain dan mengusir kebosanan.

lingkungan sekitar Kandui Resort
Ilustrasi lingkungan sekitar Kandui Resort yang indah dan alami (Foto : mentawaiislands.com)
Kandui Resort sangat pas untuk honeymoon pasangan surfer, karena para pengunjung akan diajak keliling merasakan 4 spot surfing terbaik di Mentawai, yaitu sekitar Kandui Villas, Pulau Nyang-Nyang, Pulau Mainuk, dan juga di Pulau Karangniki.

penginapan di Kandui Resort
Ilustrasi penginapan di Kandui Resort, Kepulauan Mentawai (Foto : mentawaiislands.com)
interior kamar tidur di Kandui Resort
Ilustrasi interior kamar tidur di Kandui Resort, Kepulauan Mentawai (Foto : mentawaiislands.com)
Namun, bila kamu ingin berhoneymoon disini, harus menyiapkan kocek yang tebal. Pasalnya harga yang dipatok Kandui Resort sekitar US$ 3.00O (setara Rp 39,9 Juta) per orang untuk kunjungan 10 hari. Sedangkan untuk kunjungan selama 11 hari, biayanya sekitar US$ 3.260 (setara Rp 43,4 Juta) per orang.

kegiatan surfing berselancar di Kandui Resort Kepulauan Mentawai
Ilustrasi kegiatan surfing / berselancar di Kandui Resort, Kepulauan Mentawai (Foto : IG @kanduiresort)
6. Ora Beach Eco Resort Maluku

tempat bulan madu di indonesia yang paling romantis
Ilustrasi tempat bulan madu di Indonesia yang paling romantis yaitu Ora Beach Eco Resort Maluku (Foto : IG @daisy_apenk)
Buat kamu yang ingin berbulan madu ke Maldives (baca : Maladewa) tapi gak cukup budgetnya, maka Ora Beach Eco Resort di Maluku bisa menjadi pilihan alternatif. Disini, kamu bisa merasakan sensasi menginap dalam cottage yang berada di atas perairan laut jernih. Layaknya resort-resort mewah di Maldive!

Untuk mencapai resort ini memang tak mudah dan memerlukan waktu yang cukup lama. Namun, perjuangan kamu berdua akan terbayar lunas dengan keindahan Pulau Ora. Lautan biru kehijauan nan jernih akan menjadi sajian utama di pulau yang telah mendunia ini.


Ora Beach Eco Resort Maluku
Ora Beach Eco Resort Maluku (Foto : @justiciahandy)
keindahan Ora Beach Eco Resort Maluku
Ilustrasi keindahan Ora Beach Eco Resort Maluku (Foto : IG @sistalukito)
Begitu kamu bangun dan membuka pintu kamar, maka panorama lautan indah dengan ikan-ikan cantik di dalamnya akan langsung menyambutmu. Suasananya begitu tenang dan sunyi, jauh dari keramaian kota. Sungguh akan menjadi pengalaman bulan madu yang tak akan terlupakan bila menghabiskan waktu berdua dengan pasangan kamu disini.

7. Pulo Cinta Eco Resort Gorontalo

tempat bulan madu di indonesia yang indah
Tempat bulan madu di Indonesia yang indah yaitu Pulo Cinta Eco Resort Gorontalo (Foto : IG @marischkaprue)
Satu lagi tempat terindah untuk bulan madu di Indonesia layaknya resort super romantis di Maldives, yaitu Pulau Cinta. Objek wisata hits di Gorontalo ini memiliki resort eksklusif di atas laut dengan konsep arsitektur menawan, namanya Pulo Cinta Eco Resort.

Pulo Cinta Eco Resort Gorontalo
Pulo Cinta Eco Resort Gorontalo (Foto : IG @kevineanda)
Bentuknya yang mirip seperti hati dan dilengkapi pantai cantik berpasir putih, membuat Pulau Cinta semakin romantis untuk honeymoon. Kamu bisa bisa menghabiskan waktu seharian berdua dengan berbagai kegiatan yang asik dari mulai bersantai menikmati sunrise, snorkeling, diving, berfoto, hingga menyaksikan matahari tenggelam menuju ke peraduannya.

tempat  bulan madu yang paling romantis di indonesia
Tempat
 bulan madu yang paling romantis di Indonesia yaitu Pulo Cinta Gorontalo (Foto : IG @angkasaxplore & @herbertjohan)
8. Raja Ampat Dive Lodge

Raja Ampat Dive Lodge
Raja Ampat Dive Lodge, Papua Barat (Foto : booking.com)
Raja Ampat Dive Lodge nampaknya layak dinobatkan sebagai tempat bulan madu di Indonesia yang paling indah. Berlokasi Pulau Mansuar, Raja Ampat, resort ini menyajikan suasana alam yang sempurna bagi pasangan pengantin baru.

Kamu akan menemukan pantai pasir putih, lautan biru yang jernih dan hutan hijau dengan suara kicauan burung tiap paginya. Kamu bersama pasangan juga bisa mencoba kegiatan diving atau snorkeling. Menyelami keindahan bawah laut Raja Ampat bersama pasangan tentu akan menjadi kado pernikahan terindah yang paling berkesan.

keindahan Raja Ampat Dive Lodge
Ilustrasi keindahan Raja Ampat Dive Lodge (Foto : IG @samah.elali)
kamar tidur di Raja Ampat Dive Lodge
Ilustrasi kamar tidur di Raja Ampat Dive Lodge (Foto : booking.com)
Untuk harga menginap per malam di Raja Ampat Dive Lodge tak terlalu mahal-mahal banget, hanya sekitar Rp 2,3 juta, dengan fasilitas kasur yang nyaman, pendingin ruangan, dan kamar mandi yang bersih. Harga tersebut nampaknya juga sudah termasuk tiga kali makan, yaitu sarapan, makan siang, dan makan malam.

9. Kampung Sampireun Resort Garut

Kampung Sampireun Resort Garut
Kampung Sampireun Resort Garut (Foto : kampungsampireun.com)
Buat kamu yang ingin merasakan suasana khas pedesaan sunda bersama pasangan, maka Kampung Sampireun di Garut wajib masuk dalam list bulan madumu. Resort yang berada di atas danau ini menyuguhkan suasana romantis yang sangat cocok untuk menghabiskan waktu berdua dengan kekasih tercinta.

Udara disini sangatlah sejuk dan segar, mengingat letaknya yang berada di ketinggian 1000 mdpl. Ada sekitar 22 bungalow ditepian danau yang bisa kamu pilih untuk tempat menginap. Kamu juga bisa naik perahu berdua diatas danau sambil menikmati pemandangan indah alam sekitar. Keren banget bukan?


Keindahan Kampung Sampireun Resort Garut Jawa Barat
Keindahan Kampung Sampireun Resort Garut Jawa Barat (Foto : kampungsampireun.com)
Untuk alamat Kampung Sampireun berada di Jl Raya Samarang Kamojang, Kecamatan Samarang, Garut, Jawa Barat. Selain bersantai di resort, ajaklah pasanganmu untuk berkeliling menikmati berbagai tempat wisata di Garut yang bagus seperti Pantai Sentolo, Telaga Bodas, atau Pemandian Air Panas Derajat Pass.

10. Amanwana Luxury Resort Pulau Moyo

Pulau Moyo
Ilustrasi Pulau Moyo (Foto : IG @ristaryanti)
Pantai pasir putih nampaknya selalu menjadi tempat menarik untuk menghabiskan waktu bulan madu bersama orang terkasih. Apalagi bila pantainya berada di suatu pulau terpencil yang jauh dari keramaian kota, tentu akan semakin menambah keromantisan. Dunia seakan hanya milik berdua!

Semua gambaran tersebut bisa kamu dapatkan ketika berkunjung ke Pulau Moyo di Nusa Tenggara Barat (NTB). Disini ada sebuah resort cantik yang bernama Amanwana Luxury Resort dengan bentuk bangunan menyerupai tenda.

Amanwana Luxury Resort Pulau Moyo
Amanwana Luxury Resort Pulau Moyo (Foto : IG @mt_sode)
Menginap di resort ini, kamu akan benar-benar merasakan ketenangan dan kenyamanan di tengah-tengah keindahan alam. Saat bangun pagi, hamparan pasir putih akan menyambutmu dengan kilauan cahaya mentari yang baru beranjak dari peraduannya.

pantai pasir putih Pulau Moyo
Ilustrasi pantai pasir putih Pulau Moyo (Foto : IG @aimeejuliette)
Banyak aktivitas seru yang bisa kamu lakukan berdua, mulai dari trekking hutan rimba, diving, hingga berlayar. Walaupun harganya cukup mahal, sekitar 8 jutaan per malam, kamu wajib deh ke pulau ini untuk mendapatkan pengalaman honeymoon yang tidak akan terlupakan.

11. La Cocoteraie Ecolodge Gili Trawangan Lombok

La Cocoteraie Ecolodge Gili Trawangan Lombok
La Cocoteraie Ecolodge Gili Trawangan Lombok (Foto : IG lacocoteraiegili.com)
Selain Bali, lokasi favorit yang biasanya dipilih pengantin baru untuk berbulan madu adalah Gili Trawangan di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Pulau ini memiliki berjuta pesona, mulai dari pantai pasir putih, keindahan alam bawah laut, kecantikan sunrise dan sunset, bebas polusi, hingga penduduknya yang ramah.

Semua keelokan tersebut membuat Gili Trawangan masuk dalam daftar tempat wisata terindah di Indonesia yang sering dikunjungi turis. Apalagi banyak pilihan kegiatan seru dan menarik yang bisa dilakukan disini, seperti snorkeling, diving, bersepeda, naik cidomo, berjalan santai di tepi pantai, atau melihat pengangkaran tukik.

Selain indah, akomodasi di Gili Trawangan juga sangatlah lengkap, terbukti dengan banyaknya pilihan hotel atau pun resort yang tersedia. Nah, buat kamu yang lagi bulan madu, mesti nyobain menginap di La Cocoteraie Ecolodge.

penginapan di La Cocoteraie Ecolodge
Ilustrasi penginapan di La Cocoteraie Ecolodge (Foto : lacocoteraiegili.com)
Mengusung tema glamping atau glamour camping, resort La Cocoteraie Ecolodge menawarkan kesempatan untuk bermalam di tenda mewah bernuansa tropis. Kamu benar-benar akan merasakan sensasi berkemah romantis berdua di pinggir pantai berpasir putih dengan dikelilingi pohon kelapa yang asri alami.

12. Pulau Nikoi, Kepulauan Riau

Pulau Nikoi Kepulauan Riau
Pulau Nikoi, Kepulauan Riau (Foto : via IG @nikoiisland)
Ingin merasakan bulan madu di pulau pribadi (private island)? Datang saja ke Pulau Nikoi di Kepulauan Riau. Namanya memang tak se-populer pulau Bali dan Lombok, bahkan kamu pun mungkin jarang mendengarnya, namun kecantikan pulau ini sungguh akan membuat siapapun betah berlama-lama tinggal disini.

Semenjak menang dalam The Best Private Island 2016 versi Conde Nast Traveller, pulau terindah di Indonesia ini semakin terkenal di dunia. Wisatawan yang ingin liburan ke sini begitu banyak, konon kabarnya harus antri hingga 3 bulan. Apa seh daya tarik Pulau Nikoi?

Pulau yang memiliki luas sekitar 15 hektar ini dikelilingi oleh pantai berpasir putih dengan pepohonan ratusan tahun menjulang tinggi di tengahnya. Tepian pantainya dihiasi batu-batu raksasa nan eksotis tiada duanya. Kualitas udara disini sangatlah terjaga keasriannya karena tidak ada kendaraan bermotor sama sekali.

Suasana Pulau Nikoi sangatlah tenang dan nyaman, jauh dari kebisingan. Tidak ada suara kendaraan atau pun dentuman musik keras. Di dalamnya tidak ada penduduk yang tinggal, jadi kamu benar-benar akan merasakan layaknya berada di pulau pribadi.

13. Nusa Penida Bali

Nusa Penida Bali
Nusa Penida Bali (Foto : IG @agusm123)
Berlokasi di Kabupaten Klungkung, Nusa Penida merupakan salah satu dari tiga pulau kecil, di sebelah tenggara Pulau Bali yang recommended untuk dijadikan tempat honeymoon. Pulau ini menyuguhkan keindahan alam bawah laut nan eksotik.

Kamu bersama pasangan bisa menghabiskan waktu seharian dengan menyelam menyaksikan cantiknya istana terumbu karang khas Nusa Penida yang berwarna-warni. Abadikanlah momen ini dengan kamera underwater kamu untuk dijadikan kenangan indah.

Jangan lewatkan pula untuk mengunjungi tempat wisata tersembunyi di Nusa Penida yang masih jarang dikunjungi wisatawan, seperti Pantai Atuh, Pasih Uug, Angel’s Billabong, Crystal Bay, dan Pantai Kelingking. Ambil kamera kamu untuk berfoto berdua dengan latar integenic objek tersebut.


Angels Billabong Nusa Penida Bali
Angel's Billabong Nusa Penida Bali (Foto : IG @@heydiparamitha)
Rumah Pohon Batu Molenteng Nusa Penida
Rumah Pohon Batu Molenteng dengan view Pantai Atuh dan pulau-pulau kecil Nusa Penida (Foto : IG @ellchintya)
Ketika sore tiba, kamu bisa bersantai duduk-duduk di tepi pantai untuk menyaksikan sunset cantik di Pantai Crystal Bay. Untuk akomodasi menginap kamu tak usah kuatir karena ada banyak resort mewah yang akan memanjakan kamu berdua untuk menghabiskan malam honeymoon yang hangat.

14. Macaronis Resort Kepulauan Mentawai

Macaronis Resort Kepulauan Mentawai
Macaronis Resort Kepulauan Mentawai (Foto : IG @robsonimages)
Selain Kandui ada satu lagi resort cantik di Kepulauan Mentawai yang bagus untuk dijadikan tempat bulan madu bersama kekasih tercinta, yaitu Macaronis Resort. Penginapan ini menawarkan view langsung ke pantai pasir putih yang mengelilingi pulau.

Jadi, kamu tak usah pergi jauh-jauh untuk menikmati pantai indah dengan air sebening kaca. Cukup berjalan ke depan resort kamu sudah bisa melihat hamparan pasir putih nan eksotis. Buat kamu yang suka berselancar, Macaronis Resort menawarkan fasilitas akses surfing sepanjang hari atau ‘all day access surfing’. Asyik banget kan?

Tak berhenti sampai disitu, kamu juga masih bisa menikmati aktivitas seru dan fasilitas lainnya, seperti berkeliling di sekitar pulau menggunakan kapal boat, snorkeling menjelajahi keindahan alam bawah laut, spa dengan pemandangan yang aduhai, akses free wifi 24jam non-stop, pemandian air panas, serta fasilitas lainnya yang akan memanjakan kamu berdua.

15. Pantai Senggigi, Lombok

Pantai Senggigi Lombok
Pantai Senggigi, Lombok (Foto : IG @bennyoentoro)
Bagi para pengantin baru, honeymoon ke Pulau Lombok rasanya menjadi suatu kewajiban. Pulau ini memiliki banyak keindahan alam yang penuh dengan keromantisan mulai dari pantai pasir putih, alam bawah laut, perbukitan indah, air terjun, sunset cantik hingga resort mewah ada semua disini.

Selain Gili Trawangan yang sudah populer sebagai tempat bulan madu terbaik di dunia favorit wisatawan, masih ada satu destinasi yang tak kalah bagus untuk menghabiskan waktu honeymoon kamu, yaitu Pantai Senggigi.

Pantai ini terletak di sebelah barat pesisir Pulau Lombok dengan jarak sekitar 12 km dari Kota Mataram. Kamu bisa mencapai lokasi pantai dengan menggunakan mobil sewaan atau kendaraan umum. Daya tarik Pantai Sengigigi tentu saja hamparan pasir putihnya yang sangat bersih.

Ombaknya begitu tenang, ditambah pantainya yang landai akan memanjakan kamu bersama pasangan untuk bermain di tepi pantai. Senggigi juga terkenal sebagai salah satu tempat melihat sunset terbaik di Indonesia lho! Ketika senja tiba, kamu bisa menyaksikan sang surya kembali ke peraduannya dengan sangat cantik.

Ada banyak fasilitas yang tersedia di Pantai Senggigi seperti restoran, toko-toko, hingga hotel berbintang lima di sekitar pantai. Untuk mendapatkan tempat bermalam yang nyaman, kamu bisa menginap di Sudamala Suites & Villas Senggigi Lombok.

16. Gili Nanggu Lombok

Gili Nanggu Lombok
Ilustrasi Gili Nanggu Lombok (Foto : IG @nadyahijriani)
Gili Nanggu adalah tempat wisata hits di Lombok yang cocok untuk dijadikan tempat honeymoon bagi pasangan pengantin baru. Disini, kamu akan dimanjakan dengan hamparan pantai berpasir putih dan air laut biru kehijauan yang sangat bening. Sunsetnya juga tak kalah indah dengan Gili Trawangan.

Untuk bermalam, kamu bisa menginap di Gili Nanggu Cottage. Penginapan ini cukup unik dan nyaman, atapnya terbuat dari jerami bergaya tradisional. Lokasi Gili Nanggu sendiri terletak di Lombok Barat, dapat ditempuh dengan perjalanan selama sekitar 1 jam dari arah selatan Kota Pelabuhan Kembar.

17. Glamping Lakeside Bandung

Glamping Lakeside Bandung
Glamping Lakeside Bandung (Foto : IG @candrairwan)
Bosan dengan suasana pantai? Kamu bisa mencoba bulan madu di tepian danau Situ Patenggang atau Situ Patengan Rancabali. Disini ada tempat wisata yang lagi hits di Bandung yaitu Glamping Lakeside. Sesuai dengan namanya, glamor camping atau yang disingkat glamping, destinasi ini menyuguhkan penginapan berbentuk tenda dengan fasilitas hotel di dalamnya.

Dari balkon tenda tersebut, kamu akan dapat melihat view pemandangan Gunung Patuha dan Situ Patenggang yang sangat luar biasa indah. Semilirnya udara sejuk pun akan kamu rasakan ketika kabut turun dari puncak Gunung Patuha menutupi Situ Patengang dan area Glamping Lakeside.

Pinisi Resto Rancabali Glamping Lakeside Bandung
Pinisi Resto Rancabali Glamping Lakeside Bandung (Foto : IG @areloghy)
Jembatan Gantung Pinisi Resto Glamping Lakeside Bandung
Spot foto keren dan romantis berupa Jembatan Gantung di Pinisi Resto Glamping Lakeside Bandung (Foto : IG @heni.efnd)
Selain bersantai di tenda, kamu bisa berkeliling danau berdua menggunakan perahu. Ajaklah pula pasanganmu untuk makan romantis di atas Pinisi Resto yang megah, jangan lupa abadikan momen ini dengan kamera karena latar fotonya sangat instagramable banget.

18. Dusun Bambu Lembang

Dusun Bambu Lembang
Dusun Bambu Lembang (Foto : IG @dusun_bambu)
Kawasan Lembang Bandung memang cocok untuk dijadikan tempat honeymoon para traveler yang baru saja menikah. Selain udaranya yang sejuk, ada banyak pilihan objek wisata dan hotel atau pun resort untuk menginap dengan istri. Salah satu lokasi yang menyuguhkan paket liburan lengkap selama bulan madu adalah Dusun Bambu.

Berada di Jalan Kolonel Masturi KM. 11, Kertawangi, Cisarua, Lembang, Dusun Bambu Family Leisure Park memiliki fasilitas yang sangat lengkap mulai dari penginapan, restoran, wisata alam, hingga tempat belanja. Yang paling romantis tentu saja tempat makannya, kamu bisa menyantap makanan berdua dalam saung di tepi danau buatan.

penginapan di Dusun Bambu Lembang Bandung
Ilustrasi penginapan di Dusun Bambu Lembang Bandung (Foto : IG @dusun_bambu)
Beberapa kamar yang disediakan Dusun Bambu memiliki ruang makan, teras, dapur yang dilengkapi dengan microwave, kamar mandi pribadi dengan shower dan sandal, serta tempat parkir pribadi gratis. Ajaklah pasangan kamu bersepeda menikmati sejuknya udara dan keindahan alam Dusun Bambu. Asyik bukan?

19. Kepulauan Karimunjawa

Kepulauan Karimunjawa Jawa Tengah
Kepulauan Karimunjawa, Jawa Tengah (Foto : IG @mazayagalva)
Kepulauan Karimunjawa merupakan tempat bulan madu terbaik di Pulau Jawa yang terdiri dari 27 pulau kecil dengan hamparan pantai pasir putih nan indah. Untuk menuju tempat wisata terindah di Jawa Tengah ini, kamu bisa menggunakan bus dari Semarang menuju Jepara selama kurang lebih 2 jam perjalanan.

Dari Jepara (pelabuhan Kartini) kamu harus menggunakan kapal motor/feri untuk menuju Karimun Jawa. Waktu tempuh sekitar kurang lebih enam jam. Oya, transportasi ini hanya ada satu kali dalam seminggu (setiap hari senin), jadi jangan sampai salah jadwal ya!

Begitu sampai di Karimun Jawa, kamu akan disambut oleh lautan biru nan jernih dan deretan pantai eksotis. Aktivitas wajib disini tentu saja menyelam (diving) atau snorkeling untuk melihat keindahan alam bawah laut. Lelah menyusuri bawah laut, saatnya kamu bersantai menikmati lembutnya pasir putih di pantai.

Ada banyak resort bagus yang bisa kamu pilih untuk menghabiskan malam honeymoon bersama pasangan, diantaranya yaitu Kura Kura Resort dan Breveazurine Lagoon Resort yang menawarkan area pantai pribadi hingga fasilitas olahraga air. Bulan madu disini akan membuat kamu semakin mesra dengan istri.

20. Kawasan Wisata Kota Batu, Malang, Jawa Timur

kawasan wisata kota batu malang jawa timur
Omah Kayu di kawasan wisata Kota Batu, Malang, Jawa Timur (Foto : via IG @omahkayubatu)
Batu merupakan kota kecil yang menjadi ikonnya wisata Malang Raya di Provinsi Jawa Timur. Kota ini terkenal sebagai penghasil buah apel dan memiliki udara yang dingin serta sejuk. Selain susananya yang nyaman, disini juga banyak objek wisata menarik dan hotel atau villa untuk tempat menginap selama bulan madu.

Salah satu tempat bermalam yang cocok untuk lokasi honeymoon di kota Batu adalah Jambuluwuk Resort Batu. Villa-villa yang disediakan di resort ini bertema tradisional Bali dengan view pemandangan alam indah berupa hutan dan perbukitan hijau.

Harga sewa permalamnya memang lumayan mahal, sekitar 2 jutaan lebih, namun untuk momen romantis dengan kekasih tercinta tentu saja harga sigitu tak ada artinya bukan? Untuk pilihan aktivitas, kamu tak usah bingung, ajaklah pasanganmu mengunjungi berbagai tempat wisata hits di Batu seperti Jatim Park 2 untuk melihat satwa langka atau Omah Kayu yang romantis.

Ingin lebih seru? Kamu bisa datang ke wisata perik apel di Kusuma Agrowisata atau berfoto-foto di Taman Bunga Selecta yang begitu cantik. Museum Angkut juga gak kalah keren lho! Bila malam tiba, datanglah ke Batu Night Spectacular (BNS) untuk melihat taman lampion hingga aneka wahana permainan yang menantang adrenalin.

21. Kepulauan Seribu DKI Jakarta

Kepulauan Seribu DKI Jakarta
Pulau Ayer Kepulauan Seribu DKI Jakarta (Foto : via hotels.com)
Buat kamu warga Jakarta, gak usah jauh-jauh ke Bali atau Lombok untuk menikmati momen bulan madu. Kepulauan Seribu juga asyik banget lho buat pasangan pengantin baru, ada banyak pulau dengan resort cantik yang bisa kamu kunjungi.

Setidaknya ada 5 pulau di Kepulauan Seribu yang bisa kamu jadikan sebagai tempat honeymoon yang romantis, yaitu Pulau Pantara, Pulau Putri, Pulau Bidadari, Pulau Ayer, dan Pulau Macan. Pulau Pantara menyuguhkan sebuah resort di atas laut, Pulau Ayer punya floating cottage ala Raja Ampat, sedangkan Pulau Putri memiliki akuarium bawah laut yang keren.

Hampir setiap pulau disini menawarkan berbagai aktivitas olah raga air seperti jetski, banana boat, kano, snorkeling hingga diving yang bisa dilakukan bersama pasangan. Saat pagi dan sore tiba, kamu bisa menikmati suasana sunrise atau sunset cantik nan romantis berdua dengan orang tercinta.

22. Tanjung Lesung, Banten

Tanjung Lesung Banten
Ilustrasi Tanjung Lesung, Banten (Foto : IG @ridwanucil)
Honeymoon merupakan momen yang sangat berharga bagi setiap pasangan pengantin baru. Persiapan yang special dan matang tentu akan menjadi hal penting yang harus kamu lakukan, termasuk memilih destinasi romantis untuk bulan madu. Nah, kalau kamu bosan dengan Lombok dan Bali, ada neh tempat wisata baru di Banten yang lagi hits banget, namanya Tanjung Lesung.

Keindahan Tanjung Lesung tak bisa dianggap sebelah mata, hamparan luas pasir putihnya yang lembut dengan birunya air laut, lengkap dengan panorama sunset nan eksotis akan membuat kebersamaan kamu berdua terasa sangat berkesan istimewa.

pantai pasir putih Tanjung Lesung
Pantai pasir putih di Tanjung Lesung (Foto : via tanjunglesung.com)
Tanjung Lesung terletak di Pandeglang, Provinsi Banten, jaraknya sekitar 170 km dari Ibu Kota Jakarta. Kawasan Ekonomi Khusus ini memiliki sejumlah resort yang bagus untuk menghabiskan waktu bulan madu, diantaranya adalah Tanjung Lesung Beach Hotel.

Hotel yang bertipe cottage ini memiliki suasana dan fasilitas yang bakalan bikin kamu betah tidak mau pulang. Begitu sampai di lobinya, kamu akan langsung merasakan udara sejuk, serba hijau dan tenang. Cottage disini juga dilengkapi dengan gazebo, tempat untuk bersantai atau bermalas-malasan bersama pasangan.

Puas menikmati cottage, kamu bisa mengajak istri untuk menikmati keindahan pantai dan laut Tanjung Lesung yang begitu jernih. Saking beningnya, kamu bisa melihat ikan-ikan cantik berenang diantara terumbu karang. Jangan lewatkan pula keseruan aktivitas water sport seperti banana boat dan jet ski.

23. Pulau Umang, Banten

Pulau Umang Banten
Pulau Umang, Banten (Foto : IG @pulauumangbanten)
Luasnya memang hanya sekitar 5 hektar, namun Pulau Umang memiliki sejuta pesona yang tak kalah indah dengan Tanjung Lesung. Mulai dari panorama indah pantai pasir putih, olahraga pantai, penginapan yang nyaman, dan makanan lezat bisa kamu temukan di pulau ini. Cocok banget deh buat honeymoon!

Untuk penginapan, kamu bisa menyewa cottage atau villa di Pulau Umang Resort. Kalau tak keliru, kamar-kamar disini dibagi menjadi dua, yang menghadap ke sunrise dan satunya lagi view sunset. Jadi, kamu tinggal pilih saja suasana kamar sesuai selera. Namun, kamu harus siap booking jauh-jauh hari, mengingat banyaknya wisatawan yang ingin berlibur ke sini.

Di Pulau Umang, kamu memiliki banyak pilihan kegiatan menyenangkan seperti snorkeling, bermain jet ski, banana boat, atau hanya sekedar duduk di pantai menikmati semilir angin dan deburan ombak. Jika lapar, seafood khas Pulau Umang akan siap memanjakan lidah dan perut. Kakap merah dan kerapunya enak banget lho!

24. Ujung Genteng, Sukabumi

Pantai Pangumbahan Ujung Genteng Sukabumi
Pantai Pangumbahan Ujung Genteng, Sukabumi (Foto : IG @mrifkisuwandi)
Buat kamu yang sedang mencari tempat bulan madu dengan budget murah meriah namun tetap bisa mendapatkan suasana romantis, maka kawasan wisata Ujung Genteng Sukabumi bisa menjadi alternatif pilihan.

Kamu bisa menemukan cukup banyak penginapan di Ujung Genteng dengan tarif di bawah 2 jutaan per malamnya. Selain itu, objek wisata sekitar sini juga menarik untuk dikunjungi berdua bersama pasangan. Kamu akan tetap bisa merasakan deburan ombak, pantai pasir putih, sunset cantik, hingga surfing.

Ajaklah pasanganmu ke Pantai Pangumbahan yang dijadikan tempat bertelur penyu. Bila ingin berselancar, maka Pantai Ombak Tujuh menjadi destinasi yang sangat tepat. Pantai ini menjadi lokasi favorit wisatawan mancanegara untuk surfing.

25. Abhayagiri - Sumberwatu Heritage (SWH) Resort Yogyakarta

Sumberwatu Heritage Resort
Sumberwatu Heritage Resort (Foto : via booking.com)
Bingung mencari dimana tempat bulan madu yang murah dan romantis? Datang saja ke Kota Yogyakarta. Disini kamu akan menemukan beragam macam penginapan, mulai dari kelas backpacker hingga hotel berbintang. Kota ini juga punya sederet objek dan atraksi menarik yang bakal membuat bulan madu kamu semakin istimewa.

Nah, buat kamu yang punya budget lebih, Sumberwatu Heritage (SWH) Resort bisa menjadi pilihan yang tepat untuk honeymoon. Alamatnya berada di Dusun Sumberwatu, RT.02/RW.01, Sambirejo, Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Selain kolam renang outdoor, fasilitas paling special dari resort ini tentu saja Restoran Abhayagiri dengan view pemandangan indah berupa Candi Parambanan dari ketinggian. Menjelang sore tiba, kamu bisa bersantai disini menyaksikan sunset dengan latar candi tersebut.


Abhayagiri Restaurant Yogyakarta
Abhayagiri Restaurant Yogyakarta (Foto : IG @abhayagirifood)
Suasana yang lebih cantik akan kamu dapatkan ketika malam tiba, kerlap-kerlip lampu taman hingga citylight sekitar Candi Prambanan akan menemani makan malammu dengan istri tercinta. Konon kabarnya, disinilah tempat dinner paling romantis di Yogyakarta.

dinner romantis Abhayagiri Restaurant
Ilustrasi dinner romantis di Abhayagiri Restaurant (Foto : IG @abhayagirifood)
Walaupun jauh dari pusat kota, kamu tetap dapat mengajak pasanganmu menjelajahi beberapa tempat wisata hits di Yogyakarta seperti Taman Tebing Breksi, Candi Ratu Boko, dan Candi Prambanan yang lokasinya berdekatan dengan resort ini. Jangan lupa siapkan kamera terbaik untuk mengabadikan momen istimewa di Kota Gudeg.

Spot foto instagramable Restoran Abhayagiri
Spot foto instagramable di Restoran Abhayagiri (Foto : IG @rylezra)
26. Kaliurang Yogyakarta

tempat bulan madu di indonesia yang murah
Ilustrasi tempat bulan madu di Indonesia yang murah yaitu Kaliurang, Sleman, Yogyakarta (Foto : IG @ikhayellow)
Kaliurang merupakan ikon tempat wisata di Sleman Yogyakarta yang berada di bawah kaki gunung Merapi. Udara yang dingin dan sejuk dengan hijaunya pepohonan menjadi ciri khas daerah ini. Suasananya juga tenang jauh dari kebisingan kota, pas banget deh buat tempat bulan madu romantis di Yogkakarta.

Ada banyak penginapan disini baik berupa hotel, villa, hingga wisma dengan harga murah yang relatif terjangkau untuk kelas menengah ke bawah. Berkeliling kawasan kaliurang  bersama pasangan dengan jalan kaki atau menggunakan sepeda menjadi kegiatan yang asik.


The World Landmarks Merapi Park
The World Landmarks - Merapi Park, salah satu tempat wisata romantis di Kaliurang (Foto : IG @masmeya)
Ajaklah istri kamu untuk mengunjungi beberapa spot wisata menarik yang ada di sekitar Kaliurang seperti Gardu Pandang, Tlogo Putri, Museum Merapi, Goa Jepang, dan lainnya. Oya, setiap tahun disini juga diadakan Festival of Light lho, dimana ada banyak lampion cantik berwarna-warni berbentuk bunga seperti mawar dan tulip. Romantis banget kan?

27. The Highland Park Resort Bogor

The Highland Park Resort Bogor
The Highland Park Resort Bogor (Foto : via thehighlandparkresortbogor.com)
Buat kamu yang sedang mencari tempat bulan madu romantis di Jawa Barat, maka The Highland Park Resort Bogor bisa kamu masukkan dalam list. Resort yang terletak di kaki Gunung Salak, tepatnya di Jl Curug Nangka, Sukajadi, Bogor ini menyuguhkan penginapan unik berbentuk tenda ala Mongolia.

Saking kerennya, begitu datang ke sana, kamu mungkin akan dibuat terkesima.  Ada banyak tenda putih di lahan seluas 9 hektar layaknya tempat bermalam Raja Genghis Khan dari Mongolia. Jejeran kemah Mongol berderet rapi dihiasi lampu-lampu lampion sepanjang jalan dengan latar Gunung Salak yang menjulang tinggi.



interior kamar Mongolian Camp di The Highland Park Resort Bogor
Ilustrasi interior kamar Mongolian Camp di The Highland Park Resort Bogor (Foto : via thehighlandparkresortbogor.com)
type Indian Camp di The Highland Park Resort Bogor
Ilustrasi type Indian Camp di The Highland Park Resort Bogor (Foto : via thehighlandparkresortbogor.com)
Bukan hanya luarnya saja, interior dalamnya juga bertema Camp Mongol, kain warna-warni menjuntai dari langit-langit tenda sampai ke lantainya. Meskipun berbentuk tenda, fasilitas yang tersedia disini sekelas hotel bintang 5 lho, ada tempat tidur twin atau double, sofa bed, TV LCD, AC, air panas, kamar mandi dan toilet terpisah, kulkas, hingga WiFi.

Untuk merasakan sensasi honeymoon ala Mongolia ini, kamu harus merogoh kocek yang agak dalam. Harga sewa per malamnya dibanderol lebih dari 2 jutaan. Selain bersantai di dalam tenda, kamu juga bisa melakukan kegiatan menarik seperti menunggang kuda atau melihat kebun bunga. Pada malam hari, ada api unggun, bakar jagung, dan BBQ.

28. Taman Safari Indonesia

Taman Safari Indonesia Cisarua Bogor
Taman Safari Indonesia, Cisarua, Bogor (Foto : IG @taman_safari)
Siapa seh yang tak kenal dengan Taman Safari Indonesia? Ikon tempat wisata hits di Bogor ini selalu menjadi tujuan favorit wisatawan saat libur sekolah atau pun akhir pekan. Selain menyajikan aneka satwa di habitat aslinya, disini juga punya penginapan yang asik buat honeymoon.

Ada 4 jenis kamar unik yang tersedia di Taman Safari Indonesia Cisarua, yaitu Safari Lodge, Caravan Camping Ground, Tree House, dan Bungalow. Kamu tinggal pilih saja mau model kamar yang mana? Bila ingin merasakan sensasi menginap di dalam sebuah mobil caravan, maka Caravan Camping Ground-lah pilihannya.


Rumah Pohon di Taman Safari Indonesia Cisarua Bogor
Rumah Pohon di Taman Safari Indonesia, Cisarua, Bogor (Foto : IG @taman_safari)
Namun, bila ingin suasana rumah pohon dari kayu dengan fasilitas ala hotel berbintang, kamu dapat bermalam di Tree House. Karena lokasinya jauh dari perkotaan, suasana disini cukup tenang dan nyaman. Konon kabarnya, dari jendela kamar, kamu akan bisa melihat sekumpulan jerapah atau gajah yang sedang makan. Keren banget bukan? Kamu akan benar-benar merasakan bulan madu layaknya seorang Tarzan.

29. Bukittinggi

Bukittinggi Sumatera Barat
Bukittinggi, Sumatera Barat (Foto : IG @jamgadang)
Referensi tempat bulan madu romantis berikutnya adalah Buktitinggi di Sumatera Barat. Kota ini memiliki udara yang dingin dan sejuk. Bahkan, saat siang hari pun, kamu tak akan merasakan gerah disini. Suasananya juga relatif tenang, cocok untuk bersantai dengan pasangan menepi dari keramaian.

Kamu bisa menemukan beragam hotel disini, mulai dari harga murah meriah sekitar 200 ribuan hingga jutaan rupiah. Ajaklah pasanganmu untuk berkeliling ke tempat wisata terindah di Bukittinggi yang penuh keromantisan seperti Ngarai Sianok, Jam Gadang, dan Great Wall Koto Gadang.


 Taruko Cafe Ngarai Sianok Bukittinggi
Taruko Cafe, Ngarai Sianok, Bukittinggi (Foto : IG @affandyimams)
Kegiatan lain yang tak kalah seru tentu saja menyewa bendi (baca : kendaraan tradisional seperti delman) untuk mengelilingi Kota Bukittinggi. Abadikanlah momen bersama kekasih dengan kamera terbaikmu, karena pemandangannya sangat indah. Bila lapar, kamu bisa Nyobain nasi Kapau khas Minang yang mirip dengan Nasi Padang.

30. Jimbaran Bali

Pantai Jimbaran Bali
Pantai Jimbaran Bali (Foto : IG @lavamilia_id)
Meskipun bermunculan banyak pantai baru di Bali yang indah, dinner romantis di pinggir Pantai Jimbaran nampaknya tetap menjadi aktivitas favorit para pasangan yang baru menikah. Semilir angin dan suara debur ombak seakan menjadi musik pengiring yang merdu menemani makan malam kamu berdua.

Sebelum acara makan malam, kamu bisa duduk-duduk santai bersama pasangan di tepi pantai sambil menikmati cantiknya matahari tenggelam. Begitu waktu dinner tiba, kamu akan ditemani cahaya lilin, kerlip bintang di angkasa, hingga cahaya pesawat yang akan mendarat di Ngurah Rai.



dinner romantis di Pantai Jimbaran Bali
Ilustrasi dinner romantis di Pantai Jimbaran Bali (Foto : IG @celia.yeah)
Suasana yang nyaman, ditambah makanan seafood segar dan enak akan membuat malam bulan madu kamu berdua semakin berkesan. Tak hanya itu, alunan musik jazz di pantai ini akan semakin menambah nuansa romantis dan syahdu.

31. Wakatobi, Sulawesi Tenggara

Wakatobi Dive Resort Sulawesi Tenggara
Ilustrasi Wakatobi Dive Resort, Sulawesi Tenggara (Foto : warrenbaverstock.wordpress.com)
Kabupaten Wakatobi di Sulawesi Tenggara mempunyai keindahan pantai dan taman laut yang telah mendunia, tak kalah keren dengan Bunaken atau pun Raja Ampat. Kecantikan terumbu karang dan ikan-ikannya menjadi magnet bagi siapapun untuk datang ke sini, termasuk pasangan pengantin baru.


Taman Nasional Wakatobi Sulawesi Tenggara
Pantai pasir putih di Taman Nasional Wakatobi Sulawesi Tenggara (Foto : IG @rafdyfauzan)
Pasir putih bersih nan halus dengan garis pantai yang panjang akan membuat honeymoon kamu semakin special. Kamu bisa menemukan resort nyaman dan aktivitas seru berdua disini. Menikmati keelokan biota laut dan terumbu-terumbu karang dengan orang tercinta tentu akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan.


Taman Nasional Wakatobi
Keindahan bawah laut Taman Nasional Wakatobi (Foto : IG @aryamarante)
Taman Nasional Wakatobi konon kabarnya mempunyai sekitar 40 spot diving yang tersebar di empat pulau utama. Namun di antara 40 spot tersebut, ada 4 spot utama yang merupakan tempat diving terbaik di Indonesia yaitu House Reef, Cornucopia, Coral Garden, dan Roma.

32. Pulau Maratua, Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur

Pulau Maratua Kepulauan Derawan
Pulau Maratua, Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur (Foto : IG @lisanurdiana)
Kepulauan Derawan merupakan surganya pantai terindah di Indonesia yang cukup populer hingga manca negara. Pantai-pantai disini memiliki pasir putih lembut dan bersih tanpa sampah, airnya pun sangat jernih membuat kamu bisa melihat keindahan bawah laut tanpa menyelam.

Nah, dari sekian puluhan pulau di Kepulauan Derawan, ada satu pulau yang sangat romantis untuk bulan madu sepasang pengantin baru, yaitu Pulau Maratua. Kamu akan menemukan sebuah penginapan mengapung di atas air yang nyaman layaknya tempat honeymoon di Maladewa (Maldives), namanya Maratua Paradise Resort.

Pulau Maratua
Ilustrasi diving di Pulau Maratua (Foto : IG @ratihnjasmine)
Selain bersantai di villa atau pun cottage, kamu bisa mengajak pasanganmu untuk menikmati terumbu karang bawah laut perairan derawan yang sangat cantik. Berjalan dan bermain berdua di pantai pasir putihnya yang halus pun menjadi kegiatan yang asik dilakukan disini. Suasana pulau yang sepi, damai, dan tenang akan membuat kamu berdua betah dan mungkin lupa waktu.

33. Nusa Lembongan, Bali

Nusa Lembongan Bali
Ilustrasi keindahan Nusa Lembongan, Bali (Foto : @thelembongantraveller)
Tak bisa diragukan lagi, Pulau Bali memang surganya tempat-tempat romantis untuk bulan madu para pasangan yang baru saja menikah. Selain kawasan Ubud dan Nusa Penida, ada satu lagi lokasi yang wajib kamu datangi saat honeymoon yaitu Nusa Lembongan. Suasananya masih alami, cenderung sepi karena belum banyak orang yang berkunjung ke sini.

Deretan pantai di Nusa Lembongan juga sangat bersih, pasir putihnya begitu alami dan lembut, ditambah lagi dengan keindahan air lautnya yang jernih. Semakin membuat kamu betah duduk berlama-lama di pinggiran pantainya bersama kekasih tercinta.

pantai pasir putih Nusa Lembongan
Ilustrasi pantai pasir putih di Nusa Lembongan (Foto : IG @ivanfinki)
Beberapa pantai indah yang wajib kamu kunjungi antara lain Scoobydoo Beach, Paradise Beach, Dream Beach, Sandy Bay, dan masih ada lagi lainnya. Selain menikmati keindahan pantai, kamu juga dapat melakukan kegiatan menarik lainnya seperti snorkeling, diving, sea walker, hingga keliling pulau untuk menghirup udara segara tanpa polusi.


Seawalker Nusa Lembongan
Ilustrasi Seawalker Nusa Lembongan (Foto : IG @marciamiyu)
Bagaimana dengan tempat bermalam? Jangan kuatir, ada banyak resort di Nusa Lembongan yang pas banget buat menginap pasangan pengantin baru, diantaranya adalah The Point Resort Lembongan, Batu Karang Nusa Lembongan Resort, Coconuts Beach Resort, Hai Tide Beach Resort dan lain-lain. Hotel tersebut sangat nyaman, dengan view panorama lautan di depannya.

34. Danau Toba, Sumatera Utara


Danau Toba Sumatera Utara
Danau Toba, Sumatera Utara (Foto : IG @maspomarolatraveler)
Selain terkenal sebagai ikonnya tempat wisata di Sumatera Utara yang paling populer, Danau Toba juga asyik buat menghabiskan waktu bulan madu bagi pasangan pengantin baru. Hamparan air yang biru dengan indahnya pepohonan hijau di sekelilingnya, akan membuat kamu betah disini.

Menjelajahi danau ini berdua dengan menggunakan perahu akan menjadi pengalaman honeymoon yang sangat berkesan. Mampirlah ke Pulau Samosir yang berada di tengah-tengah Danau Toba, disini kamu akan menemukan kebudayaan khas masyarakat Batak.

Tinggal lah beberapa hari disini untuk menikmati kecantikan Danau Toba. Ada banyak pilihan penginapan di sekitar danau dan Pulau Samosir seperti Samosir Villa Resort. Kamu juga bisa menginap di cottage-cottage unik lainnya seperti Tabo Cottage dengan harga yang lebih murah sekitar 250 ribuan per malam.

35. Labuan Bajo

Labuan Bajo
Labuan Bajo (Foto : IG via @indonesiajuaratrip)
Pesona keindahan Labuan Bajo memang tak ada duanya, dari mulai pantai pasir putih, terumbu karang, pulau-pulau, hingga komodo membuat banyak orang ingin berkunjung ke sini. Bahkan, sekelas Valentino Rossi pun rela jauh-jauh datang dari Italia untuk menikmati kecantikan Labuan Bajo.

Kalau kamu pasangan pengantin baru, wajib deh kayaknya berbulan madu disini. Ada banyak tempat wisata indah di Labuan Bajo yang menyuguhkan keromantisan, seperti Pink Beach, Pulau Kelor, Gili Laba, Pulau Kenawa, Pulau Bidadari, Pulau Kambing, serta sunset dan sunrise di Pulau Padar.



Pink Beach Labuan Bajo
Pink Beach di Labuan Bajo (Foto : IG @jordhammond)
Gili Laba Labuan Bajo
Gili Laba di Labuan Bajo (Foto : IG @indonesiajuaratrip)
Pulau Padar Labuan Bajo
Ilustrasi Pulau Padar di Labuan Bajo (Foto : IG @smindrawati)
Bila ingin melihat langsung reptil raksasa yang bernama Komodo, kamu bisa datang ke Pulau Komodo atau pun Pulau Rinca yang begitu terkenal di dunia. Disini, kamu akan diajak untuk melakukan Trekking menyusuri hutan dan mendaki bukit untuk melihat kehidupan liar Komodo.

Pulau Komodo Labuan Bajo
Pulau Komodo di Labuan Bajo (Foto : IG @keyleus)
Bagaimana dengan penginapannya? Tak usah kuatir, ada banyak resort mewah yang bisa kamu jadikan tempat bermalam bersama pasangan halalmu. Misalnya saja Plataran Komodo Beach Resort, Kanawa Island Resort, atau Sylvia Resort Komodo.

36. Arumdalu Private Resorts, Kepulauan Bangka Belitung

Arumdalu Private Resorts Kepulauan Bangka Belitung
Arumdalu Private Resorts, Kepulauan Bangka Belitung (Foto : IG @27vakantiedagen)
Kepulauan Bangka Belitung yang terkenal dalam novel "Laskar Pelangi" ternyata memiliki sejumlah destinasi wisata indah hingga resort mewah yang asyik dikunjungi oleh pasangan pengantin baru. Pantai pasir putih dan birunya air laut akan menjadikan honeymoon kamu terasa special, apalagi suasanya masih sepi alami banget, jauh dari keramaian kota.

Untuk rekomendasi hotel romantis di Bangka Belitung yang bagus untuk bulan madu adalah Arumdalu Private Resorts. Alamatnya terletak di Jalan Batu Lubang, Padang Kandis, Membalong, Padang Kandis, Membalong, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung.

Spot foto instagenic di Arumdalu Private Resorts
Spot foto instagenic di Arumdalu Private Resorts (Foto : IG @lekamagdalena)
Sesuai dengan namanya, resort ini memang memiliki fasilitas mewah penuh privasi. Dikellingi pepohonan hijau dan pantai yang cantik serta hembusan angin spoi-spoi membuat setiap tamu disini semakin betah. Ketika malam hari tiba ajaklah pasangan halalmu untuk dinner dengan ditemani suara deburan ombak yang semakin menambah kemesraan.

pantai pasir putih di Arumdalu Private Resorts
Ilustrasi pantai pasir putih di Arumdalu Private Resorts (Foto : IG @tiara_muaa)
37. Takabonerate, Sulawesi Selatan

Pulau Takabonerate Sulawesi Selatan
Ilustrasi Pulau Takabonerate, Sulawesi Selatan (Foto : IG@arief_aprian)
Taka Bonerate di Kabupaten Selayar, Sulawesi Selatan memiliki keindahan bahari yang sangat memukau. Dengan luas 220 ribu hektar, ada 21 pulau yang bisa kamu kunjungi. Pasirnya yang berwarna putih dengan air laut sebening cristal akan membuat honeymoon kamu semakin sempurna.

Pantai pasir putih di Pulau Takabonerate
Pantai pasir putih di Pulau Takabonerate (Foto : IG @beardpacker)
Hal unik yang bisa kamu temui di Taman Nasional Takabonerate adalah karang Atol terbesar ketiga di dunia setelah Kwajifein di Kepulauan Marshal dan Suvadiva di Kepulauan Moldiva. Luas Atol tersebut diperkirakan sekitar 220.000 hektar dengan terumbu karang yang tersebar datar seluas 500 km².

Diving di Pulau Takabonerate
Diving di Pulau Takabonerate (Foto : IG @beardpacker)
Diving atau pun snorkeling menjadi kegiatan wajib bila kamu mengunjungi Takabonerate. Menikmati kecantikan terumbu karang disini bersama istri akan menjadikan pengalaman bulan madu yang tak terlupakan. Apalagi kondisi alamnya masih relatif sepi, suasana syahdu akan benar-benar menghampirimu.

38. Makassar, Sulawesi Selatan

Makassar
Kota Makassar (Foto : IG @daenglira)
Masih di di Sulawesi Selatan, bila kamu menginginkan tempat bulan madu yang lebih lengkap dari Takabonerate, maka mampirlah ke Kota Makassar. Ada banyak pilihan hotel untuk bermalam mulai dari kelas berbintang hingga kelas melati dengan harga murah di kantong.

Kamu juga bisa mengajak kekasih tercinta untuk menjelajahi beragam tempat wisata hits di Makassar seperti diving di Pulau Samalona, menikmati sunset di Pantai Losari, merasakan sejuknya Malino, atau mengunjungi benteng Fort Rotterdam yang bersejarah. Mencicipi kuliner khas Makassar yang lezat bersama pasangan juga bisa menjadi pilihan romantis, bukan?

39. Taman Nasional Bunaken, Sulawesi Utara

Taman Nasional Bunaken Sulawesi Utara
Taman Nasional Bunaken, Sulawesi Utara (Foto : IG @nugrohoekosatrio)
Taman Nasional Bunaken yang terletak di Provinsi Sulawesi Utara ini memang sudah menjadi destinasi mainstream untuk honeymoon. Namun, pesona keindahan alam bawah lautnya seakan tak pernah luntur di mata para pengantin baru. Tetap saja banyak pasangan yang memasukkan Bunaken ke dalam list bulan madu mereka.

Lautan biru nan jernih dengan ikan seribu warna, rumput laut yang melambai, hingga angin sejuk yang semilir menjadi daya tarik Bunaken yang tak dimiliki pulau-pulau lain. Suasana tenang dan damai jauh dari hiruk pikuk deru mesin kendaraan akan memberikan kenyamanan dalam menghabiskan waktu berdua dengan pasangan halalmu.

40. Danau Tondano, Manado, Sulawesi Utara

Danau Tondano
Danau Tondano, Manado, Sulawesi Utara (Foto : pegipegi.com)
Bukan hanya Bunaken, Manado juga punya tempat romantis lainnya untuk bulan madu. Coba deh datang ke Danau Tondano yang terletak di kawasan Tomohon, sekitar 3 jam dari Kota Manado. Udara dingin di sekitar danau akan semakin mempererat kamu dengan kekasih tercinta.

Danau Tondano menyuguhkan suasana yang tenang dan hamparan air luas dengan latar pemandangan gunung nan indah akan memanjakan mata. Letaknya yang berada di ketinggian 600 mdpl membuat udaranya dingin dan sejuk. Menghabiskan waktu di pinggir danau atau menyewa perahu untuk mengelilingi danau menjadi pilihan aktivitas honeymoon yang sempurna.

Kamu bisa bermalam bersama pasanganmu di Sumaru Endo Resort yang berada persis di pinggir danau. Menurut info seh ada cottage yang berada di atas air pinggir danau. Harga sewa kamar per malam di sini lumayan murah mulai dari Rp 175.000-350.000. Tapi mungkin sekarang sudah naik ya!

41. Magelang, Jawa Tengah

MesaStila Magelang
MesaStila Magelang (Foto : IG @mesastila)
Selain Karimunjawa, ternyata masih ada tempat indah untuk bulan madu nan romantis di Jawa Tengah, yaitu Magelang. Kota ini punya suatu resort cantik yang jarang diketahui orang lho, namanya MesaStila. Tersembunyi di antara perkebunan kopi membuat suasana penginapan ini sangatlah sejuk dan asri alami.

MesaStila mempunyai sekitar 22 villa bertipe rumah joglo dan limas tua. Nuansa ala Jawa terasa begitu kental pada setiap bangunannya. Harga sewa per malamnya dibanderol dengan harga lebih dari 1 jutaan. Dengan fasilitas yang lengkap dan penuh ketenangan, kamu akan betah berlama-lama di resort ini.

Candi Borobudur
Candi Borobudur (Foto : via nobody.id)
Hutan Pinus Kragilan Magelang
Spot Foto Keren di Hutan Pinus Kragilan Magelang (Foto : IG @buruhphoto)
Saat siang hari, ajaklah pasanganmu untuk menyusuri keindahan berbagai objek wisata di Magelang seperti Candi Borobudur dan hutan pinus Kragilan. Jangan lewatkan pula menyicipi kuliner khas Kupat Tahu yang enak maknyus. Makanan ini terdiri atas ketupat, tahu, toge, dan kol yang disiram dengan bumbu kuah kacang dengan tingkat kepedasan tertentu.

Konon kabarnya, MesaStila juga punya infinity pool dengan view pemandangan indah Gunung Merbabu, Gunung Merapi, dan Gunung Andong. Gak percaya? Coba saja buktikan sendiri datang langsung alamat MesaStila di Desa Losari Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

42. Jeeva Beloam Beach Camp

Jeeva Beloam Beach Camp
Pantai pasir putih di Jeeva Beloam Beach Camp (Foto : IG @tiniihitakara)
Pulau Lombok memang surganya para pengantin baru, ada banyak sekali resort romantis yang tersedia disini. Salah satunya adalah Jeeva Beloam Beach Camp yang dekat dengan teluk Pantai Beloam, Lombok Timur. Keistimewaan penginapan ini berupa suasana tenang alami karena berada di tengah-tengah hutan dan dengan view langsung ke pantai pasir putih. Amazing bukan?

Hotel ini memiliki 11 pondok dengan desain bangunan bergaya seperti rumah-rumah perkampungan nelayan suku Sasak, suku asli Lombok. Perpaduan bangunan ramah lingkungan yang dikemas secaa modern tentu akan membuat kamu berdua semakin betah tinggal disini.

Lokasinya yang jauh dari keramaian bakal membuat momen honeymoon kamu berdua menjadi lebih berkualitas dan berkesan. Alamat lengkap Jeeva Beloam Beach Camp terletak di Jl. Pantai Beloam, Tanjung Ringgit, Sekaroh, Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

43. Hotel Tugu Lombok, Pantai Sire, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat

Hotel Tugu Lombok
Hotel Tugu Lombok (Foto : IG @traveltomtom)
Kalau kamu sedang mencari hotel terbaik di Lombok yang penuh keromantisan, maka Hotel Tugu Lombok adalah jawabannya. Dengan mengusung suasana etnik ala kebudayaan Hindu era Majapahit, penginapan ini menyajikan ornamen-ornamen antik dari mulai patung, lampu, hingga furniture yang akan membuat pengunjung seolah-olah sedang berada di negeri dongeng.

Fasilitas yang tersedia disini pun sangatlah lengkap,ada jacuzzi, perapian di lobi hotel, ruang dansa, welcome drink, perpustakaan, spa, pijat refleksi, dan ajakan tur naik kapal. Asyik bukan? Pas banget deh buat tempat bermalam selama honeymoon di Lombok. Oya, alamatnya berada di Jl. Pantai Sire, Desa Sigar Penjalin, Kecamatan Tanjung, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat.

44. Aston Sunset Beach Resort - Gili Trawangan

Aston Sunset Beach Resort Gili Trawangan Lombok
Aston Sunset Beach Resort, Gili Trawangan, Lombok (Foto : booking.com)
Aston Sunset Beach Resort bisa kamu jadikan alternatif tempat bulan madu berikutnya yang tak kalah romantis. Hotel ini menawarkan pesona keelokan tepi pantai Gili Trawangan dengan garis pantai pasir putih yang panjang. Keindahan matahari terbenam dan suasana hening jauh dari keramaian akan membuat kamu berdua enggan untuk segera pulang.

dinner romantis di Aston Sunset Beach Resort
Ilustrasi dinner romantis di Aston Sunset Beach Resort (Foto : booking.com)
Spot ayunan keren di Aston Sunset Beach Resort
Spot ayunan keren di Aston Sunset Beach Resort (Foto : IG @yesicasuyanti)
Kamu bisa memanfaatkan layanan sepeda yang disediakan hotel untuk berkeliling pulau. Selain sehat, bersepeda berdua juga akan semakin mempererat kemesraan kamu dengan kekasih. Ajak pula pasanganmu untuk dinner romantis di tepi pantai ala pantai Jimbaran Bali dengan memesan paket makan malam di hotel.

45. The Oberoi, Lombok

The Oberoi Lombok
The Oberoi, Lombok (Foto : IG @marina)
Buat kamu yang ingin menghabiskan momen bulan madu di sebuah infinity pool dengan view pantai, bisa datang ke The Oberoi di Pantai Medana, Lombok Utara. Infinity pool adalah sebuah kolam renang yang nampak seolah-olah tak bertepi dan menyatu dengan garis ufuk.

Untuk mendapatkan sisi romantis, nikmatilah fasilitas infinity pool ala The Oberoi saat sore hari. Kamu dapat berenang disini sambil menikmati indahnya matahari terbenam. Ketika malam tiba, kamu juga bisa makan malam romantis di Restoran Lumbung yang tak jauh letaknya dari kolam renang.

46. Pulau Labengki, Sulawesi Tenggara

Pulau Labengki
Pulau Labengki (Foto : IG @nonibelanda)
Inilah miniaturnya Raja Ampat, namanya Pulau Labengki terletak di Kabupaten Konawe Utara, Provinsi Sulawesi Tenggara. Meskipun belum begitu populer, pulau ini memiliki gugusan pulau karang di tengah laut yang begitu eksotis.

Lautnya yang jernih kebiru-biruan dengan terumbu karang yang masih alami, serta suasananya yang tenang dan damai, membuat Pulau Labengki sangat cocok digunakan untuk tempat bulan madu para pasangan pengantin baru. Hamparan pasir putih indah yang sangat bersih bakalan membikin siapa saja enggan untuk pulang.

pantai pasir putihdi Pulau Labengki Sulawesi Tenggara
Ilustrasi pantai pasir putih yang indah di Pulau Labengki Sulawesi Tenggara (Foto : IG @balnyes)
Lokasi unik nan special disini adalah Teluk Cinta yang bentuknya menyerupai lambang hati. Bayangkan, bentuknya saja sudah romantis, apalagi keindahan alamnya, akan membuat kamu betah berduaan dengan istri disini hingga lupa waktu.

Untuk melihat bentuk hatinya, kamu harus trekking ke puncak bukit, namun harus ekstra hati-hati karena jalannya cukup terjal. Akan lebih aman bila kamu menggunakan drone sakalian ambil gambar dari atas. Oya, karena destinasi ini masih baru, jadi disini belum banyak hotel atau pun resort yang memadai untuk menginap.

Jadi, kamu hanya bisa menyewa rumah atau pun villa sederhana. Mudah-mudahan saja dengan semakin terkenalnya Pulau Labengki, akan ada para pemodal yang akan membangun resort-resort mewah yang nyaman untuk honeymoon.

47. Kupu Kupu Barong Villas, Ubud, Bali

Kupu Kupu Barong Villas
Ilustrasi Kupu Kupu Barong Villas (Foto : via booking.com)
Buat kamu yang sedang mencari hotel di Bali untuk honeymoon sekaligus bisa candle light dinner, maka Kupu Kupu Barong Villas wajib kamu kunjungi. Disini ada satu restoran terbaik di dunia dengan view pemandangan alam yang sangat indah, namanya La View Restaurant.

tempat makan pagi romantis di Kupu Kupu Barong Villas Ubud Bali
Ilustrasi tempat makan pagi romantis / romantic breakfast di Kupu Kupu Barong Villas, Ubud, Bali (Foto : IG @kupubarong)
tempat candle light dinner di Kupu Kupu Barong Villas
Ilustrasi tempat candle light dinner di Kupu Kupu Barong Villas (Foto : IG @kupubarong)
Kamu akan bersantap berdua dengan ditemani cahaya lilin yang berpendar di malam hari. Rasakan pula sensasi makan makam di dalam sangkar burung yang penuh kehangatan. Sungguh sangat cantik dan romantis, apalagi menu makanannya juga terasa enak. Tapi, bagi kamu yang muslim tetap wajib pilih yang halal lho ya!.

Demikian info destinasi wisata hingga resort terbaik yang asik buat menghabiskan waktu bulan madu bersama pasangan. Kamu tinggal pilih sesuai selera dan tentu saja budget yang tersedia. Bila sobat traveler punya info terbaru tentang tempat honeymoon di Indonesia lainnya, bisa menambahkan melalui kolom komentar, semoga bermanfaat.

Related Posts