57 Tempat Wisata Terindah Dan Hits Di Indonesia Yang Belum Terjamah

shares

Tempat Wisata Di Indonesia - Sobat traveler, inilah daftar rekomendasi tempat wisata terindah dan hits di Indonesia yang belum terjamah oleh wisatawan, lengkap dengan foto / gambar beserta keterangannya. Selain aneka pantai yang indah, saya juga menambahkan sejumlah objek wisata alam terbaru lainnya seperti air terjun, pulau, danau, goa, hingga perbukitan hijau.

Sebagai negara beriklim tropis, Indonesia dianugerahi kekayaan alam yang sangat cantik dan eksotis. Hal inilah yang menjadikan pariwisata negara ini menjadi incaran oleh turis mancanegara untuk menghabiskan waktu liburan. Apalagi, banyak aktivitas menarik yang bisa dilakukan disini seperti selancar (surfing), menyelam (diving), mendaki gunung, atau pun berfoto-foto.

Mungkin, selama ini kamu beranggapan bahwa pusatnya destinasi wisata terbaik Indonesia hanya di Pulau Bali dan Lombok. Padahal, sebenarnya masih banyak tempat wisata bagus lainnya yang tersembunyi belum banyak orang tahu. Bahkan lebih keren dari pada kedua pulau tersebut!

Daftar Tempat Wisata Terindah Dan Hits Di Indonesia Yang Belum Terjamah


1. Pulau Bair

Tempat Wisata Di Indonesia
Tempat Wisata Di Indonesia : Pulau Bair (Foto : via imansyahtamnge.blogspot.co.id)
Kita awali review tempat wisata kali ini dengan mengulas salah satu pulau terindah di Indonesia yang lagi naik daun belakangan ini, yaitu Pulau Bair. Lokasinya terletak di Kota Tual, Kabupaten Maluku Tenggara, Provinsi Maluku. Saking indahnya, pulau ini sempat disebut-sebut sebagai Raja Ampatnya Maluku, bahkan dikatakan mirip Phi Phi Islands Thailand yang terkenal di kalangan wisatawan dunia.

Pulau Bair memiliki ukuran relatif kecil, hanya 500 meter persegi. Namun, keindahannya akan membuat siapapun terpana, pemandangan lautan biru yang jernih dan bersih akan memanjakan mata kamu disini. Pasir putih, tebing karang, hingga mangrove semakin mempercantik pulau ini.

Pulau Bair Maluku
Ilustrasi keindahan Pulau Bair Maluku (Foto : IG @hennylatuconsina)
Biasanya para traveler muda menjadikan tebing bebatuan karang disini sebagai spot selfie atau berfoto karena pemandangan alamnya sangat instagramable. Keberadaannya yang jauh dari perkotaan membuat Pulau Bair masih jarang dikunjungi orang sehingga suasana sepi, tenang, dan damai pun akan kamu temukan disini.

Penasaran ingin datang ke Pulau Bair? Untuk menuju lokasi, kamu bisa ikut jasa open trip dari agen perjalanan. Namun, jika lebih suka liburan ala backpacker, kamu bisa mengikuti rute jalan melalui dermaga Dullah Darat lalu menyebrang dengan menggunakan speed boat. Dibutuhkan waktu sekitar 30 menit hingga 1 jam untuk bisa mencapai pulau ini.

2. Pantai Madwaer

Pantai Madwaer
Pantai Madwaer (Foto : IG @yanuarrainsyah)
Provinsi Maluku ternyata menyimpan berbagai potensi wisata bahari tersembunyi nan eksotik yang belum banyak diketahui oleh wisatawan, diantaranya adalah Kepulauan Kei atau Kai. Setelah pemekaran wilayah pada tahun 2007 atau 2008, secara administratif kepulauan ini terbagi menjadi 2 yaitu Kota Tual dan Kabupaten Maluku Tenggara.

Kota Tual terdiri dari pulau Dullah, Duroa, Walir, Kuur, Taam, Tayandu, dan pulau kecil lainnya. Sedangkan Kabupaten Maluku Tenggara meliputi Pulau Kei Kecil, Kei Besar, Tanimbar Kei, Ur, Utir serta pulau kecil seperti Warbal dan sebagainya.

Nah, di Pulau Kei Kecil, tepatnya Desa Madwaer, Kecamatan Kei Kecil Barat, kamu bisa menemukan sebuah pantai cantik berpasir putih yang masih bersih alami, namanya Pantai Madwaer. Sepanjang pesisir pantai kamu akan disuguhi air laut jernih berwarna biru toska dengan ditemani pepohonan kelapa yang berjejer tegak menjulang tinggi.

Suasananya begitu sepi dan tenang, kamu akan benar-benar merasakan sensasi private beach, layaknya keindahan pantai tersembunyi di Bali yang mempesona. Waktu terbaik berkunjung ke Pantai Madwaer sekitar bulan April - Mei atau Oktober - Desember dimana ombak pantai cenderung tenang dengan cuaca cerah.

3. Pantai Ngurtafur atau Pantai Ngurtavur

Pantai Ngurtafur
Pantai Ngurtafur (Foto : IG @hafiedzuk23)
Fenomena alam berupa pasir timbul berwarna putih saat air laut surut atau biasanya disebut Pulau Gosong, bisa ditemukan di beberapa wilayah Indonesia, termasuk di Pantai Ngurtafur. Namun, daratan pasir putih Pantai Ngurtafur sangatlah unik karena memanjang hingga sekitar 2 km ke tengah lautan. Keren banget bukan?

Bila kamu datang ke sini, cobalah berjalan di atas pasir timbul yang lembut hingga ke tengah laut. Tak usah kuatir, lebarnya sekitar 7 meter sehingga kamu bebas berlarian sekali pun. Tapi, ingat tetap berhati-hati lho! Sejauh mata memandang, kamu hanya akan melihat pasir putih serta laut biru nan jernih. Sungguh akan menjadi pengalaman liburan yang luar biasa special.

tempat wisata terindah di indonesia
Tempat wisata terindah di Indonesia : Pantai Ngurtafur (Foto : IG @hafiedzuk23)
Bila beruntung, kamu bisa bertemu dengan kawanan burung pelikan yang sedang bermigrasi dari benua Australia. Suasananya begitu hening serta nyaman, layaknya pantai pribadi (private beach). Tak heran, jika pantai ini dinobatkan sebagai tempat wisata terindah dan hits di Maluku yang wajib dikunjungi.

Pantai Ngurtafur berada di Pulau Warbal yang masuk ke dalam Kepulauan Kei di Kabupaten Maluku Tenggara. Untuk menuju ke lokasi, kamu bisa mencari penerbangan menuju ke Tual (Transit Ambon), kemudian kamu dapat menyewa kapal motor berkapasitas 15 orang dari Pelabuhan Debut untuk bisa menuju ke Pantai Ngurtafur. Ada juga cara lain dengan menggunakan kapal laut dari Ambon menuju ke Tual.

Pasir Putih Pantai Ngurtavur
Ilustrasi hamparan pasir putih di Pantai Ngurtavur (Foto : IG @hafiedzuk23)
4. Pulau Pianemo Raja Ampat

tempat wisata hits di indonesia
Tempat wisata hits di Indonesia : Pulau Pianemo Raja Ampat (Foto : IG @ridhafauzia)
Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat memang mempunyai alam bawah laut yang sangat eksotis, bahkan beberapa situs web travel memasukkanya ke dalam daftar tempat wisata terindah di dunia yang layak dikunjungi.

Selain keelokan terumbu karangnya, Raja Ampat juga punya gugusan pulau karang yang berpadu indah dengan birunya air laut. Bukit-bukit karang terjal ini ditumbuhi pepohonan pada bagian atasnya sehingga tampak hijau bila dilihat dari atas / kejauhan. Panorama seperti ini dapat kamu temui di Pulau Pianemo, Raja Ampat.

5. Goa Jomblang - Goa Grubug

Goa Jomblang
Goa Jomblang (Foto : IG @adhe930)
Liburan keliling Indonesia tak akan lengkap rasanya jika belum singgah di kota Yogyakarta dan sekitarnya. Selain populer akan wisata budaya dan kesenian, kota yang akrab disapa Jogja ini memiliki keindahan alam yang sangat eksotis, dari pantai, gunung, air terjun, hingga goa.

Nah, buat kamu yang kebetulan singgah di sini, jangan lewatkan mampir ke Goa Jomblang. Apa seh keistimewaan goa ini? Tempat wisata di Jogja yang lagi hits ini punya keunikan berupa seberkas "cahaya surga" di tengah kegelapan perut bumi. Penasaran bukan?

Untuk melihat cahaya tersebut, kamu harus berusaha ekstra keras, jadi siapkan fisik yang prima. Oleh karena mulut goanya berbentuk vertika, maka untuk masuk ke dalamnya kamu harus menggunakan Single Rope Technique (SRT) yakni teknik menggunakan satu tali sebagai lintasan naik dan turun medan vertikal.

Bagi yang belum terbiasa tak usah kuatir, seorang pemandu akan membantu memasangkan peralatan khusus seperti coverall, sepatu boot, helm, dan headlamp serta satu set alat untuk bisa menggunakan teknik tali tunggal tersebut.

Setelah sampai ke dalam goa, kamu masih harus menembus lorong gelap sepanjang 300 meter untuk menuju ke Luweng Grubug (Goa Grubug). Pada bagian akhir perjalanan, kamu akan melihat sinar matahari yang menerobos dari atas Goa Grubug setinggi sekitar 90 meter membentuk tiang cahaya menerangi stalaktit dan stalagmit dalam kegelapan.

Karena saking indahnya, maka seberkas sinar matahari tersebut dinamakan "cahaya surga". Kedua goa ini terletak di Padukuhan Jetis Wetan, Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Gunung Kidul. Jaraknya sekitar 8 Km sebelah timur Kota Wonosari, atau 50 Km sebelah tenggara Kota Yogyakarta.

6. Pantai Ngurbloat / Pantai Pasir Panjang

tempat wisata di indonesia yang belum terjamah
Tempat wisata di Indonesia yang belum terjamah : Pantai Ngurbloat (Foto : IG @rahajaannita.f_tata)
Pulau Kei Kecil di Kabupaten Maluku Tenggara, Provinsi Maluku boleh dibilang surganya pantai terindah di Indonesia yang masih belum terjamah oleh banyak wisatawan. Selain Pantai Madwaer, ada satu lagi pantai bagus yang tak boleh kamu lewatkan, namanya Pantai Ngurbloat.

Sejauh mata memandang, kamu akan disajikan sebuah panorama pantai pasir putih berpadu dengan air laut biru yang tenang lengkap dengan pohon kelapa berjejer rapih. Sungguh Cantik! Hamparan pasir putih di pantai ini begitu lembut, bahkan ada yang menyebutnya sebagai pasir pantai terhalus di Asia / Dunia.

Pantai Ngurbloat Maluku
Pantai Ngurbloat Maluku (Foto : IG @alanjulian)
Pantai Ngurbloat membentang sejauh 3 kilometer, itulah mengapa pantai ini dikenal juga dengan nama Pantai Pasir Panjang. Lautnya landai dan dangkal sehingga lumayan aman untuk berenang walaupun tetap harus hati-hati. Ketika air laut surut, kamu akan bisa melihat padang pasir putih berkilauan.

7. Pantai Liang, Ambon

Pantai Liang Ambon
Pantai Liang, Ambon (Foto : IG @atha_sukur)
Kota Ambon memang pantas dijuluki Ambon Manise, banyak keindahan alam yang tersaji disini, mulai dari wilayah kepulauan, gunung api, daerah perbukitan, teluk, pantai, hingga danau. Semuanya menyatu dalam keramah-tamahan masyarakat setempat.

Bicara pantai di sekitar Ambon, tentu tak akan bisa lepas dari pantai terindah di dunia yaitu Pantai Liang. Hamparan pasir putih, gradasi biru air laut nan jernih, dan pepohonan rindang akan menyambut kamu ketika sampai disini. Ombaknya yang tidak begitu besar tentunya membuat wisatawan semakin ingin segera berenang.

Dengan hamparan pasir putih sepanjang 1 km, lebar 300 m, dan alam bawah laut yang cantik, Pantai Liang menjadi salah satu tempat wisata terbaik di Indonesia yang telah mendunia. Cukup banyak turis asing asal Jerman, Inggris, Australia, Kanada, dan Belanda yang berkunjung kesini untuk menyelam, memancing, dan menikmati keindahan pantai saat matahari tenggelam.

Pastikan kamu membawa kamera terbaik ketika datang ke Pantai Liang. Pasalnya, kamu sungguh akan menemukan pemandangan alam indah yang sangat instagenic, pas banget buat mengisi instagram kamu. Objek wisata pantai ini paling banyak dikunjungi saat hari libur, jadi sebaiknya kamu datang saat hari kerja.

Pantai Liang terletak di Jalan Propinsi, Desa Liang, Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku. Jaraknya sekitar 35 km (45 menit) dari pusat kota Ambon dan kurang lebih 45 km (1 jam) dari Bandara Pattimura. Kamu dapat menggunakan bus Trans-Amboina rute Hunimuasengan, menyewa angkot atau memakai ojek untuk menuju pantai ini.

8. Hutan Pinus Kragilan

Hutan Pinus Kragilan
Hutan Pinus Kragilan (Foto : @hamimtujuh)
Liburan ke hutan pinus nampaknya sedang booming beberapa tahun belakangan ini. Dimulai dengan viral-nya Hutan Pinus Mangunan Jogja di media sosial, fenomena ini terus merembet ke daerah lain di Indonesia. Kini, setiap Kabupaten / Kota berlomba-lomba mempopulerkan wisata hutan pinus ini.

Beberapa tempat wisata hutan pinus yang lagi hits di Indonesia antara lain Hutan Pinus Mangunan Jogja, Hutan Pinus Kayon Semarang, Hutan Pinus Gunung Pancar Bogor, Hutan Pinus Malino Makassar, Hutan Pinus Bukit Moko Bandung, dan tentu saja Hutan Pinus Kragilan Magelang.

Hutan pinus ini terletak di Desa Kaponan (google map : Pogalan), Pakis, Magelang tepatnya di lereng Merbabu. Oleh karena pemandangan disini sangat indah dan memiliki sejumlah spot foto keren, maka banyak orang yang menyebutnya sebagai Top Selfie Pinusan Kragilan.
 
Spot foto keren Hutan Pinus Kragilan
Spot foto keren di Hutan Pinus Kragilan Magelang (Foto : IG @buruhphoto)
Beberapa spot bagus yang menarik untuk berfoto atau pun narsis yaitu barisan hutan pinus dimana ditengahnya ada jalanan, duduk santai dibawah hutan pinus, hammockan di antara hutan pinus, serta naik ayunan yang sudah disiapkan.

Bagaimana sobat traveler? Gak kalah eksotis kan dengan Mangunan Jogja? Buat kamu yang suka memacu adrenalin, disini juga ada flying fox lho. Untuk tiket masuknya sepertinya masih gratis, recommended buat pilihan alternatif tempat wisata hits di Magelang Jawa Tengah selain Candi Borobudur.

9. Gili Pasir / Gili Kapal Lombok

Gili Pasir Gili Kapal Lombok
Gili Pasir / Gili Kapal Lombok (Foto : IG @arieritonga)
Siapa seh yang tak kenal Pulau Lombok? Tujuan wisata favorit wisatawan ini selalu menawarkan keindahan pulau-pulau kecil (baca : gili) yang sangat mengagumkan. Sebut saja Gili Trawangan, Gili Air, dan Gili Meno yang paling terkenal hingga mancanegara.

Ketiga gili tersebut mungkin bagi sebagian orang sudah terlalu sering dikunjungi. Nah, buat kamu yang ingin rekreasi ke gili unik terbaru yang anti mainstream, bisa datang ke Gili Pasir atau Gili Kapal. Daya tarik pulau cantik ini terletak pada keberadaannya yang hanya muncul di permukaan laut dalam waktu tertentu saja. Kok bisa ya?

Sesuai dengan namanya, Gili Pasir berupa sebuah gundukan pasir yang membentuk pulau kecil nan indah. Gili ini akan terlihat atau muncul ke permukaan laut hanya saat air surut, akan tetapi disaat air laut pasang gili tersebut tidak akan tampak oleh mata. Semacam pulau gosong gitu gaes!

Untuk menemukan tempat wisata terindah di Lombok ini, kamu harus datang saat air laut surut, yaitu pagi dan sore hari. Pagi hari mungkin bisa menjadi waktu terbaik untuk mengunjungi Gili Pasir, pantulan cahaya matahari akan membuat birunya air laut dan kilauan pasir putih menjadi lebih sempurna.

Jika dilihat di peta google map, lokasi Gili Kapal terletak di Labuhan Pandan, Sambelia, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Kamu bisa menaiki perahu nelayan dari pelabuhan Tanjung Luar untuk menuju gili ini. Waktu yang diperlukan untuk menyebrang sekitar 15 menit.

10. Pulo Cinta Eco Resort

Pulo Cinta Eco Resort
Pulo Cinta Eco Resort (Foto : IG @airloft)
Tak perlu jauh-jauh hingga ke Maladewa (Maldives) untuk liburan romantis bersama pasangan (baca : istri), datang saja ke Pulo Cinta Eco Resort di pantai selatan Gorontalo, tepatnya di Teluk Tomini, Boalemo, Provinsi Gorontalo. Bentuk pulau yang seperti emoticon hati dengan penginapan di atasnya, sungguh sangat pas dimasukkan ke dalam list rekomendasi tempat bulan madu di Indonesia bagi para pengantin baru.

Ada sekitar 15 cottage yang mengelilingi Pulau Cinta. Cottage tersebut berada di atas air (floating cottage), dimana kamu bisa langsung berenang dan snorkeling. Air lautnya sangat jernih dengan hamparan pasir putih nan bersih. Indah banget gaes!

Tempat wisata baru dan hits di Gorontalo Indonesia yang mirip dengan luar negeri ini memang mengusung konsep natural. Kelestarian alam di sini masih sangat terjaga alami, suasananya pun tenang dan damai. Bersantai di teras resort terapung yang sangat eksklusif ini pun akan menjadi aktivitas menyenangkan, walapun sekedar memandangi lautan biru nan jernih.

11. Anyer Banten

Anyer Banten
Ilustrasi keindahan pantai di Anyer Banten (Foto : IG @felgra_photography)
Anyer merupakan sebuah kecamatan di Kabupaten Serang, Provinsi Banten, Indonesia yang mempunyai deretan pantai indah berpasir putih. Kawasan ini dulu pernah populer sebagai tujuan tempat wisata hits di Banten favorit wisatawan. Meskipun saat ini tidak semoncer dulu, Anyer tetap menggoda untuk dijelajahi.

Beberapa pantai terbagus di Anyer yang bisa kamu singgahi antara lain Pantai Jambu, Pantai Florida, Pantai Karang Bolong, Pantai Mercusuar Anyer, Pantai Sambolo, Pantai Marbella, Pantai Cibeureum, Pantai Marina, Pantai Carita, dan Pantai Binuangeun

12. Danau We'ekuri

Danau We'ekuri
Danau We'ekuri (Foto : IG @golden_heart)
Mungkin sebagian wisatawan manca negara hanya mengenal Danau Toba sebagai destinasi bagus untuk liburan. Padahal masih banyak danau terindah di Indonesia lainnya yang bisa dikunjungi, salah satunya adalah Danau We'ekuri. Lokasinya berada di Kalena Rongo, Kodi Utara, Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur.

Menurut info yang saya terima, We'ekuri termasuk danau air asin. Konon kabarnya, kadar garam disini tergolong tinggi sehingga kamu bisa mengapungkan saat berenang. Airnya bening berwarna kebiruan sehingga akan membuat siapapun betah berlama-lama menikmati kecantikan panoramanya. Apalagi di sekelilingnya ditumbuhi pepohonan hijau nan rimbun.

Ketika hari biasa, Danau We'ekuri relatif masih sepi pengunjung sehingga kamu akan dapat menikmati keheningan alam. Namun, setiap Sabtu, Minggu, dan hari libur biasanya banyak dikunjungi orang untuk sekedar berenang, memancing, atau pun menyaksikan pemandangan alam nan eksotis disini.

13. Bukit Kura-Kura Ongakan

Bukit Kura-Kura Ongakan
Bukit Kura-Kura Ongakan (Foto : IG @ssandywahyu)
Selain memiliki ribuan pulau cantik, Indonesia juga kaya akan perbukitan indah. Nah, di kawasan wisata Jawa Timur ada satu bukit yang lagi hits banget, namanya Bukit Kura-Kura Ongakan. Lokasinya terletak di Dusun Besowo Timur, Desa Besowo, Kecamatan Kepung, Kabupaten Kediri.

Udara di bukit ini terasa sejuk, dari atas kamu dapat berfoto ria dengan background pemandangan alam yang bagus. Hamparan Waduk Selorejo yang berada di Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang dan jernihnya Air Terjun Gajah Mungkur akan dapat kamu lihat.

Sebagai salah satu tempat wisata paling indah di Kediri yang baru disadari keberadaannya setelah erupsi Gunung Kelud pada 2014, bukit ini memiliki bentuk unik. Bila dilihat dan diamati, pemandangan gugusan bukit disini seolah-olah seperti punggung kura-kura yang menghadap ke selatan. Tak ayal, nama Bukit Kura-Kura pun disematkan kepadanya.

Untuk menikmati keindahan Bukit Kura-Kura Ongakan, kamu hanya perlu membayar tiket masuk sekitar 5 ribu rupiah untuk kendaraan sepeda motor dan 20 ribu rupiah untuk roda empat. Lumayan murah meriah kan? Bukit ini sepertinya cocok buat dikunjungi bagi kamu yang ingin menyendiri menghilangkan penat dari keramaian kota.

14. Pantai Mawun

Pantai Mawun
Pantai Mawun (Foto : IG @mutyamasayu)
Bosan dengan Senggigi? Jangan kuatir, masih banyak pantai tersembunyi di Lombok yang indah menawan. Coba saja datang ke Pantai Mawun di daerah Lombok Tengah. Suasananya yang masih sepi dan alami akan membuat kamu merasakan kesan istimewa layaknya pantai pribadi.

Pantai Mawun berbentuk cekungan seperti huruf U dengan dikelilingi oleh perbukitan hijau yang serupa benteng dengan gagah. Pasir pantainya berwarna putih halus, layaknya tepung beras. Air lautnya jernih berwarna gradasi biru muda, semakin menambah kecantikan pantai ini.

Fasilitas di Pantai Mawun bisa dibilang cukup lengkap, ada Gazebo dan kursi pantai berpayung yang tersebar di sepanjang pantai. Pedagang makanan dan minuman juga bisa kamu jumpai dengan mudah di sini. Harga makanan-minuman tentu saja kelas kaki lima, cukup ramah di kantong. Tarif masuknya juga murah sekali, seharga 5 ribu rupiah saja. Tapi kalau belum naik lho!

15. Gusung Sanggalau, Kepulauan Derawan

Gusung Sanggalau Kepulauan Derawan
Gusung Sanggalau, Kepulauan Derawan (Foto : IG @ardhaprasetya)
Pariwisata Bahari Kepulauan Derawan di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, saat ini sedang naik daun dikalangan wisatawan dunia. Sedikitnya ada empat pulau yang terkenal di kepulauan ini, yaitu Pulau Maratua, Derawan, Sangalaki, dan Kakaban yang ditinggali satwa langka penyu hijau dan penyu sisik.

Selain terkenal akan keindahan alam bawah lautnya, Kepulauan Derawan juga punya pulau gosong / pasir timbul yang sangat instagramable untuk dijadikan spot foto. Namanya adalah Gusung Sanggalau, letaknya dekat dengan Pulau Derawan.

Gusung Sanggalau berupa pulau yang bagian atasnya hanya merupakan pasir, tanpa tanaman apapun. Pulau ini dapat terendam saat air laut pasang, dan akan muncul kembali saat air laut surut. Pasirnya berwarna putih dengan tekstur halus, semakin eksotis berkilauan saat terkena cahaya matahari.

16. Pulau Kenawa

Pulau Kenawa
Pulau Kenawa (Foto : IG @jsaputra18)
Provinsi Nusa Tenggara Barat memiliki 2 pulau Besar yaitu Lombok dan Sumbawa. Popularitas Lombok mungkin sudah mendunia hingga luar negeri. Namun, Pulau Sumbawa sebenarnya punya tempat-tempat indah yang belum terekspose atau jarang diketahui banyak orang, misalnya saja Pulau Kenawa di Kabupaten Sumbawa Barat.

Meskipun ukurannya kecil, Pulau Kenawa memiliki sejumlah daya tarik yang menakjubkan. Pulau tidak berpenghuni ini hampir seluruhnya terdiri dari hamparan padang rumput savana ala Afrika. Tak hanya itu, ada juga pantai cantik berpasir putih yang mengelilinginya.

Padang rumput Pulau Kenawa
Padang rumput di Pulau Kenawa (Foto : IG @rio_sumbawa)
Menurut info dari beberapa traveler, hal yang disayangkan dari pulau ini berupa banyaknya sampah dan coretan tangan-tangan jahil yang memperburuk keadaan. Fasilitasnya juga masih minim, kamu akan kesulitan mencari toilet disini. Mungkin karena tak ada yang menghuni, jadi kesannya tak terurus sama sekali.

17. Bukit Selong

Bukit Selong
Bukit Selong (Foto : IG @ernandaputra)
Lombok merupakan salah satu daerah tujuan wisata di Indonesia yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan domestik dan internasional. Selain memiliki aneka tempat liburan yang lengkap, fasilitas serta akomodasi disini juga sangat memadai. Kamu dapat menemukan beragam hotel atau penginapan dan restoran dengan beragam pilihan sesuai budget maupun selera.

Buat kamu yang ingin rekreasi di tempat yang indah selain pantai, bisa berkunjung ke Bukit Selong. Lokasinya berada di Sembalun Lawang, Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Bukit yang mengelilingi Desa Sembalun ini menjadi salah satu lokasi untuk melihat sunset terindah di Indonesia terutama saat musim kemarau.

Bukan hanya matahari tenggelam, bukit terindah di Indonesia ini juga menawarkan keindahan panorama alam berupa lanskap Gunung Rinjani dan petak sawah dengan warna berbeda-beda. Selain menikmati keelokannya, kamu juga bisa memanfaatkan indahnya lukisan alam ini sebagai latar belakang foto. Baik untuk fotografi alam atau pun sekadar berselfie, tetap menghasilkan gambar yang super keren.

18. Air Terjun Mata Jitu

Air Terjun Mata Jitu
Air Terjun Mata Jitu (Foto : IG @budi_tarjo)
Setelah puas menjelajahi pantai pasir putih, bukit, hingga goa eksotis, saatnya kamu mengunjungi salah satu air terjun terindah di Indonesia yang belum terjamah oleh banyak wisatawan, namanya Air Terjun Mata Jitu. Lokasinya cukup tersembunyi berada di balik hutan Pulo Moyo, Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat.

Air terjun ini bertingkat-tingkat, konon kabarnya ada sekitar empat undakan dan tujuh kolam. Airnya tampak kehijauan dengan gradasi biru dan sangat jernih. Sungguh keindahan alam yang menggoda untuk berenang di dalamnya.

Tak heran, bila banyak selebritis dunia yang menyempatkan singgah di Mata Jitu, seperti Mick Jagger, Edwin Van Der Sar, Maria Sharapova dan mendiang Putri Diana. Mungkin karena pernah dikunjungi oleh Kerajaan Inggris, yaitu Putri Diana maka warga dekitar pun menyebut Mata Jitu sebagai Queen Waterfall.

19. Pantai Tanjung Tinggi

Pantai Tanjung Tinggi
Pantai Tanjung Tinggi (Foto : IG @beautifulbelitung)
Pernah lihat film Laskar Pelangi? Nah, Pantai Tanjung Tinggi ini termasuk salah satu tempat syuting film tersebut. Pantainya berpasir putih, memiliki batu-batu yang besar, dan berair jernih. Sungguh cantik menawan! Lokasinya berada di Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Setibanya di pantai ini, kamu hampir dipastikan akan langsung tergoda untuk berlarian dan bermain di pantai. Pasir pantainya sangat putih dan bersih dengan air laut berwarna biru kehijauan. Jika berjalan ke arah timur di pantai ini, kamu akan menemukan batu-batu granit yang besar.

Batu-batunya sangat besar dan gagah, kamu bisa menjelajahi batu-batu tersebut untuk merasakan pengalaman luar biasa seperti bocah-bocah Laskar Pelangi. Tak hanya itu, perpaduan antara batu granit, pasir putih dan air laut yang hijau kebiruan akan menjadi sebuah spot foto keren nan instagenic. Pantas saja, Tanjung Tinggi masuk dalam daftar pantai terindah di Bangka Belitung favorit wisatawan.

20. Pantai Kelingking, Nusa Penida, Bali

Pantai Kelingking Nusa Penida
Pantai Kelingking Nusa Penida (Foto : IG @jordhammond)
Nusa Penida merupakan salah satu pulau di Kabupaten Klungkung yang letaknya terpisah dari Pulau Bali. Di sini ternyata banyak objek wisata indah yang belum diketahui oleh banyak orang. Pantai Kelingking termasuk salah satunya.

Pantai Kelingking berada di Banjar Karang Dawa, Desa Bunga Mekar, Nusapenida, Kabupaten Klungkung, Bali dan kini terus diminati para wisatawan, khususnya mancanegara. Apa seh keistimewaan pantai ini? Pantai Kelingking punya panorama yang begitu luar biasa sehingga akan membuat kamu takjub.

Keberadaan tempat wisata yang lagi hits di Nusa Penida ini tersembunyi di bawah tebing berbentuk Tyrannosaurus Rex. Dari atas tebing, kamu bisa menikmati suasana keindahan Kelingking dengan latar lautan biru.

pasir putih Pantai Kelingking Nusa Penida
Hamparan pasir putih di Pantai Kelingking Nusa Penida (Foto : IG @jordhammond)
Untuk mencapai bibir pantainya, kamu harus trekking jalan kaki menuruni tebing sepanjang 150 selama satu jam. Akses jalannya sangatlah alami dan terjal, jadi kamu wajib ekstra hati-hati. Kalau kamu takut ketinggian, mending menikmatinya dari atas tebing.

Begitu sampai, kamu akan disambut hamparan pasir putih alami yang bersih berpadu dengan kemilau birunya air laut nan jernih. Lebar pantai sekitar 80 meter, tekstur pasirnya halus, serta suasananya masih sepi sehingga kamu bisa nyaman bermain disini. Konon kabarnya, sekitar Juli - Oktober banyak Ikan Pari Manta berenang di perairan Pantai Kelingking.

21. Pulau Padar

Pulau Padar
Ilustrasi Pulau Padar (Foto : IG @komodoflores)
Labuan Bajo yang terletak di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur, saat ini sedang hits banget dikalangan wisatawan dunia. Bahkan selebritis seperti Valentino Rossi hingga Gwyneth Paltrow pun pernah datang ke sini.

Selain melihat reptil raksasa "komodo" yang menghuni Pulau Komodo dan Pulau Rinca, kamu juga bisa mengunjungi tempat wisata terindah di Labuan Bajo lainnya seperti Pulau Padar. Disini kamu tak akan menemukan komodo, melainkan pemandangan alam indah yang luar biasa instagramable.

Untuk melihat keindahan Pulau Padar, kamu harus lebih dulu mendaki bukit selama kurang lebih 20 menit. Dari ketinggian tampak jelas panorama pantai yang terpisah menjadi tiga bagian di sekitar pulau ini. Untuk menghindari cuaca panas, kamu bisa naik ke atas bukit pada pagi hari untuk mengejar surise serta sore hari untuk melihat sunset.

22. Bukit Panyaweuyan / Lembah Panyaweuyan

Bukit Panyaweuyan
Bukit Panyaweuyan (Foto : IG @mifmifmif)
Bicara tentang pariwisata Jawa Barat mungkin tak akan lepas dari kota Bandung dan Puncak Bogor. Namun, tahukah kamu?, ternyata masih ada tempat indah lainnya di provinsi ini yang jarang diketahui oleh banyak orang. Coba deh kamu sesekali berkunjung ke Bukit Panyaweuyan, panorama alamnya yang eksotis, bakalan membuat kamu terkagum-kagum.

Bukit yang terletak di Tejamulya, Argapura, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat ini dikenal juga dengan nama Lembah Panyaweuyan. Dari atas bukit kamu akan bisa menyaksikan keindahan alam berupa sawah terasering khas pegunungan ala Ubud Bali. Saat fajar tiba, sunrise cantik Majalengka dan kokohnya Gunung Ciremai akan memanjakan mata para wisatawan.

Masih di daerah Argapura, bila kamu pecinta fotografi, maka wajib juga berkunjung ke Bukit Cibuluh. Ketika berada di puncak, kamu akan benar-benar merasakan sensasi tempat wisata indah di Indonesia yang mirip dengan luar negeri yaitu negara British (Britania Raya).

Hamparan ladang tanaman palawija yang tersusun rapi berpadu dengan tekstur tanah unik serta pohon pinus atau cemara disekitarnya akan membuat kamu seolah-olah sedang berada di dataran tinggi Inggris atau belahan benua Eropa lainnya. Tak heran, jika Bukit Cibuluh dinobatkan sebagai tempat wisata terindah di Majalengka Jawa Barat.

23. Danau Biru Nes 12

Danau Biru Nes 12
Danau Biru Nes 12 (Foto : IG @mbois_bjm)
Bukan hanya indah, Indonesia juga punya sejumlah destinasi unik yang menarik untuk dikunjungi seperti Danau Biru Nes 12. Secara administratif, danau ini terletak di Kecamatan Binuang, Kabupaten Tapin, Provinsi Kalimantan Selatan.

Danau Biru Nes 12 terbentuk dari lubang bekas tambang, lalu terisi oleh air hujan dan menyatu dengan sisa-sisa logam hingga berwarna biru. Konon kabarnya, kondisi air danau sangatlah asam sehingga tidak diperkenankan berenang di dalam danau karena sangat berbahaya.

Jadi, ketika kamu mengunjungi tempat wisata yang lagi hits di Kalimantan Selatan ini, cukup dengan menikmati keindahannya dari pinggiran. Warna birunya sangat pas untuk dijadikan latar berfoto yang instagramable. Rugi deh, kalau ke sini tanpa foto-foto.

24. Kepulauan Mentawai

Kepulauan Mentawai
Kepulauan Mentawai (Foto : IG @kanduiresort)
Kepulauan Mentawai termasuk salah satu tempat wisata paling bagus di Indonesia yang wajib dikunjungi oleh para surfer (peselancar). Dikelilingi oleh Samudera Hindia, membuat mentawai sangat strategis sebagai lokasi surfing terbaik di Indonesia bahkan dunia.

Terletak di wilayah administrasi Provinsi Sumatera Barat, Mentawai sering jadi lokasi liburan bagi wisatawan domestik, mancanegara, hingga pesohor dunia. Dari total sekitar 71 spot surfing yang ada di Mentawai, 2 diantaranya masuk ke dalam daftar '10 Ombak Terbaik di Dunia' versi Surfer Magazine yaitu Lance's Right di Katiet, dan Spot Macaronies di Silabu.

Bukan hanya memiliki ombak yang bagus untuk surfing, tempat wisata terindah di Sumatera Barat ini juga memiliki hamparan pantai nan cantik. Pasir pantainya berwarna putih, berpadu dengan birunya air laut yang jernih. Tampak cantik banget gaes!

25. Bukit Merese

Bukit Merese
Bukit Merese (Foto : IG @dwicreative)
Kawasan wisata Mandalika Lombok punya tempat bagus untuk menikmati keindahan alam, namanya Bukit Merese yang terletak di Desa Kuta Lombok, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Saking indahnya, bukit ini sering juga disebut Bukit Cinta.

Dari atas Bukit Merese, kamu bisa melihat garis pantai berpasir putih yang berpadu dengan birunya air laut. Bahkan denger-denger, terumbu karang juga bisa dilihat lho karena saking jernihnya air laut di sekitarnya. Tak cukup sampai disitu, kamu juga harus melihat keelokan matahari terbenam disini. Konon, bukit ini termasuk tempat melihat sunset terbaik di Lombok favorit wisatawan.

Pantai pasir putih Bukit Merese
Pantai pasir putih di Bukit Merese (Foto : IG @deffrii)
Jika kamu ingin ke sini, sebaiknya ketika siang main dulu di Tanjung Aan, dan sekitar jam 4 sore barulah mulai trekking ke Bukit Merese. Datanglah ketika musim kemarau agar terhindar dari jalanan licin. Kamu bisa menjelajahi berbagai sisi bukit untuk mendapatkan spot foto cantik dan keren.

26. Gunung Andong

Gunung Andong
Gunung Andong (Foto : IG @wizdan_inst)
Gunung Andong merupakan sebuah gunung bertipe perisai di Kampung Sawit, Girirejo, Ngablak, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Gunung ini belum pernah mempunyai aktivitas meletus. Gunung yang memiliki ketinggian sekitar 1.463 m ini menawarkan pesona yang tak kalah menarik dengan gunung lain yang lebih populer, seperti Gunung Merbabu dan Merapi.

Lokasinya yang berada di sebelah barat gunung Merbabu, membuat Gunung Andong punya pemandangan yang menakjubkan. Di sekelilingnya tampak 7 puncak nan gagah antara lain Gunung Telomoyo, Merbabu, Merapi, Ungaran, Sindoro, Sumbing dan Prau.

Yang paling berkesan tentu saja ketika kamu menikmati golden sunrise di Gunung Andong, sungguh akan menjadi pengalaman tak terlupakan. Ditambah lagi keindahan landscape kota Salatiga dan Solo, semakin menasbihkan gunung ini sebagai tempat wisata terindah di Jawa Tengah yang tak boleh dilewatkan.

Gunung Andong termasuk aman bagi para pendaki pemula karena tidak terlalu tinggi dan medannya juga relatif mudah. Harga tiket masuknya juga lumayan murah meriah, berkisar 4 ribuan saja. Tak mengherankan bila objek wisata alam ini selalu ramai dikunjungi wisatawan, apalagi pas akhir pekan.

Rute jalan menuju Gunung Andong dari Kota Yogyakarta dapat diakses melalui Jl Magelang, lalu ambil arah menuju Jl Ketep Pass. Pada pertigaan, ambil ke arah kanan menuju Jl Magelang-Salatiga. Setelah itu ambil jalur menuju arah Grabag-Ngablak. Maka kamu akan sampai di Gunung Andong.

27. Bukit Wairinding

Bukit Wairinding
Bukit Wairinding (Foto : IG @yenisusanti.ys33)
Nusa Tenggara Timur bukan hanya menyimpan keindahan bawah laut tersembunyi dengan hamparan terumbu karang dan berbagai spesies ikan di dalamnya. Provinsi ini ternyata punya sebuah bukit yang tak kalah cantik dengan Bukit Teletubbies Bromo atau pun Bukit Lintang Kalimantan Selatan.

Namanya Bukit Wairinding, terletak di Pambotanjara, Kota Waingapu, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur. Bukit yang berada pada ketinggian 200 meter di atas permukaan laut ini punya formasi vegetasi asli berupa padang rumput savana.

Keelokannya semakin bertambah dengan populasi kuda sumba yang berkeliaran di sana. Kamu dapat mencapai Bukit Wairinding melalui penerbangan ke Bandara Mau Hau, Kota Waingapu (Transit Denpasar atau Kupang). Dari bandara, kamu masih harus menempuh perjalanan sejauh 35 km atau 1-2 jam perjalanan ke arah Pandawai.

28. Pulau Maratua

Pulau Maratua
Pulau Maratua (Foto : IG @paramiswari)
Kepulauan Derawan merupakan surga bagi para pecinta dunia bawah laut. Beberapa pulau di sana menyimpan kekayaan eksotisme kehidupan bawah laut, diantaranya bernama Pulau Maratua. Secara administratif, pulau ini masuk ke dalam wilayah Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur.

Ketika menyelam di sekitar Pulau Maratua, kamu akan bertemu dengan ratusan jenis ikan laut, terumbu karang indah, barakuda dan penyu hijau. Air lautnya yang sangat jernih, akan membuat kamu betah berlama-lama diving di sini.

Pantainya pun akan menjadi tempat bersantai yang spesial. Lautan biru dan sunset yang menggoda, akan menjadi pengalaman yang tidak akan terlupakan buat kamu. Sungguh, Pulau Maratua sangat layak dimasukkan ke dalam daftar rekomendasi tempat wisata terindah di Kalimantan Timur yang harus dikunjungi.

Yang unik tentu saja Maratua Paradise Resort, sebuah penginapan terapung di atas laut favorit pengantin baru selama honeymoon. Dengan budget di bawah satu jutaan per malamnya (NB : Kalau belum naik harganya), kamu dapat bermalam di floating cottage ala maladewa (maldives) sambil menikmati bintang-bintang di langit.

29. Pulau Labengki

Pulau Labengki
Panorama keindahan gugusan karang di Pulau Labengki (Foto : IG @nonibelanda)
Inilah tempat wisata indah di Indonesia terbaru yang lagi hits dikalangan wisatawan, namanya Pulau Labengki terletak di Kabupaten Konawe Utara, Provinsi Sulawesi Tenggara. Alam yang asri, air laut yang jernih, terumbu karang yang masih terjaga dan gugusan pulau disini membuat banyak orang menyebutnya sebagai Raja Ampat-nya Sulawesi Tenggara.

Pulau Labengki Sulawesi Tenggara
Ilustrasi pantai pasir putih yang indah di Pulau Labengki Sulawesi Tenggara (Foto : IG @balnyes)
Berdasarkan besar kecilnya pulau karang yang ada, Pulau Labengki dibagi menjadi 2 yaitu Labengki Besar dan Labengki Kecil. Selain terkenal akan keindahan alam bawah lautnya dan pasir putihnya yang eksotis, objek wisata baru di Sulawesi Tenggara ini juga punya sebuah teluk unik berbentuk hati, yaitu Teluk Cinta.

Teluk Cinta Pulau Labengki
Ilustrasi Teluk Cinta Pulau Labengki (Foto : IG @yuni__sara)
Untuk melihat bentuk hatinya, kamu harus trekking ke puncak bukit, namun harus ekstra hati-hati karena jalannya cukup terjal. Akan lebih aman bila kamu menggunakan drone skalian ambil gambar dari atas. Oya, untuk tempat menginap, sudah ada resort sedehana bernama Labengki Nirwana Resort.

30. Curug Cibareubeuy

Curug Cibareubeuy
Curug Cibareubeuy (Foto : IG @anggapermadi)
Sebagai negara pegunungan, Indonesia dianugerahi kekayaan alam berupa puluhan hingga ratusan curug (air terjun) indah yang tersebar di seluruh penjuru Nusantara dari Sabang hingga Merauke. Nah, salah satu air terjun tersebut berada di Desa Cibeusi, Kecamatan Jalan Cagak, Kabupaten Subang, namanya Curug Cibareubeuy.

Dengan ketinggian sekitar 40 meter, Curug Cibareubeuy tampak gagah dikelilingi oleh pepohonan hijau. Dibawahnya terdapat sebuah kolam kecil untuk menampung jatuhan air dan biasa digunakan pengunjung untuk bermain air. Spot foto favorit disini berupa Sky Tree (baca : rumah pohon} dimana dari atas sini, kamu bisa berfoto dengan latar Curug Cibareubeuy yang begitu eksotis.

Untuk menuju tempat wisata yang lagi hits di Subang ini, kamu harus trekking dari Desa Cibeusi selama kurang lebih 2 jam menyusuri sungai, sawah, hingga jalan setapak di pinggir jurang. Jadi, kamu harus mempersiapkan fisik yang prima dan ekstra hati-hati ketika berkunjung ke curug ini.

31. Air Terjun Tumpak Sewu

Air Terjun Tumpak Sewu
Air Terjun Tumpak Sewu (Foto : IG @novanirz)
Air Terjun Tumpak Sewu merupakan salah satu air terjun terindah di Jawa Timur yang paling terkenal dikalangan wisatawan domestik maupun manca negara. Lokasinya berada di aliran sungai Glidih yang menjadi perbatasan Kecamatan Ampel Gading Malang dan Kecamatan Pronojiwo Lumajang.

Air terjun yang secara administratif terletak di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur ini memiliki banyak aliran air terjun. Karena saking banyaknya aliran air yang jatuh disini, maka orang-orang pun menamakannya Tumpak Sewu atau Coban Sewu atau Grojogan Sewu (baca : seribu air terjun).

Dengan ketinggian mencapai 120 meter, aliran air yang jatuh bersamaan nampak begitu cantik dan indah. Tak heran jika banyak wisatawan tertarik untuk berkunjung ke tempat wisata hits di Lumajang ini. Foto-fotonya pun banyak berseliweran di media sosial instagram, sehingga semakin menambah rasa penasaran untuk melihatnya secara langsung.

32. Ora Beach Eco Resort

Ora Beach Eco Resort
Ora Beach Eco Resort (Foto : IG @sistalukito)
Satu lagi tempat wisata terindah di Indonesia yang layak disandingkan dengan negara-negara lain di dunia, yaitu Ora Beach Eco Resort. Resort yang berada di Pulau Seram, Maluku ini disebut-sebut mirip seperti penginapan mengapung luar negeri ala Maldives dan juga Bora-Bora.

Pantai dan perairannya begitu cantik, apalagi suasananya cukup sepi dan tenang. Cocok buat honeymoon bersama istri tercinta. Untuk menginap di ikon wisata Maluku yang romantis ini, kamu harus menyiapkan uang yang lumayan banyak. Harga sewa tipe kamar di atas laut Rp700.000/orang, tipe gantung Rp500.000/orang, tipe darat Rp400.000/malam, dan makan 3 kali Rp250.000.

Harga tersebut belum termasuk ongkos penerbangan dan transportasi dari tempat kamu tinggal menuju ke Ora Beach Eco Resort. Oleh karena itu, siap-siap menabung dari sekarang bila ingin pergi ke sini. Ora Beach sendiri terletak di Desa Saleman, Kecamatan Seram Utara, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku.

33. Bukit Pasir Busung

Bukit Pasir Busung
Bukit Pasir Busung (Foto : IG @fuadrivaldi)
Tak usah jauh-jauh ke Timur Tengah untuk melihat gurun pasir, datang saja ke Desa Busung di jalan lintas Tanjungpinang - Bintan, Provinsi Kepulauan Riau. Disini kamu akan menemukan sebuah bukit pasir layaknya gurun yang ada di negara-negara arab.

Karena lokasinya berada di Desa Busung, maka padang pasir ini dikenal dengan nama Bukit Pasir Busung. Pada awal mulanya, objek wisata di Bintan ini merupakan sebuah tempat penambangan bauksit, namun akhirnya dihentikan dan dibiarkan begitu saja sampai terbentuklah gundukan pasir.

Meskipun terbentuk dari bekas tambang, padang pasir disini nampak begitu cantik bila dijadikan latar berfoto. Hal ini terbukti dari banyaknya foto-foto bukit pasir ini yang ngehits di instagram. Tak ayal, tiap hari makin banyak orang penasaran untuk datang melihat secara langsung.

34. Pantai Babah Kuala

Pantai Babah Kuala
Pantai Babah Kuala (Foto : IG @cut_alfi)
Pantai Babah Kuala terletak di Kecamatan Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh. Untuk menuju lokasi, kamu memerlukan waktu kurang lebih 30 menit perjalanan dari Kota Banda Aceh. Daya tarik pantai ini tentu saja berupa keindahan pasir putih dengan air laut yang jernih.

Ombak Pantai Babah Kuala relatif tenang, kamu bisa bermain dipinggirannya walaupun tetap harus hati-hati. Suasananya sepi dan belum banyak dikunjungi wisatawan sehingga sangat cocok untuk melepaskan penat dari kesibukan kota. Tempat wisata di Aceh ini juga dikunjungi oleh turis manca negara yang menginap di homestay sekitar pantai.

35. Pantai Oyama

Pantai Oyama
Pantai Oyama (Foto : IG @faisalmataiya)
Kalau dilihat dari namanya, sepertinya Pantai Oyama berada di negara Jepang bukan? Namun, ternyata pantai ini merupakan tempat wisata terindah di Sulawesi Tengah yang jarang diketahui orang. Air lautnya sangatlah jernih berpadu dengan hamparan pasir putih membentuk sebuah keindahan alam.

Belum banyak wisatawan yang datang ke sini sehingga kamu bisa lebih bebas berenang, berlarian, dan foto-foto. Alamat lengkap Pantai Oyama terletak di Desa Lokotoy, Kecamatan Banggai Utara, Kabupaten Banggai Laut, Provinsi Sulawesi Tengah.

36. Pegunungan Jayawijaya

Pegunungan Jayawijaya
Pegunungan Jayawijaya (Foto : IG @alanwibowo)
Meskipun termasuk negara tropis, Indonesia ternyata mempunyai salju abadi yang bisa kamu temukan di Puncak Carstensz Pegunungan Jayawijaya Papua.
Ketinggiannya mencapai 4.884 mdpl sehingga menyebabkan udara di atasnya sangatlah dingin dan akhirnya terbentuk salju.

Puncak Carstensz termasuk puncak tertinggi di Indonesia dan satu dari 'Seven Summits', alias tujuh puncak tertinggi di dunia.
 Konon kabarnya, luas salju abadi di sini mencapai 5.800 hektar.

Banyak keajaiban alam yang tersaji di Pegunungan Jaya Wijaya, ada salju abadi, hujan es, sungai terbalik yang mengalir dari bawah ke atas, sungai yang berisi kandungan air garam dan masih banyak lagi lainnya. Bagi kamu yang akan mendaki Puncak Carstensz, benar-benar harus mempersiapkan fisik yang prima. Terlebih, suhu di puncaknya bisa mencapai 0 derajat Celcius.

37. Bukit Jaddih

Bukit Jaddih
Bukit Jaddih (Foto : IG @baperman_)
Dibalik kelezatan sate dan keunikan karapan sapinya, ternyata Madura punya sejumlah destinasi wisata alam nan eksotis. Salah satunya bernama Bukit Jaddih yang merupakan kawasan tambang kapur yang sudah dieksplorasi selama bertahun-tahun. Hasil kerukan dan pahatan gunung kapur ini membentuk suatu pola unik tak beraturan dengan ukuran yang bervariasi

Di tengah-tengah Bukit Jaddih terdapat cerukan yang membentuk kolam berisi air berwarna biru (baca : danau biru). Konon kabarnya, air yang ada di dalam kolam tersebut bukan berasal dari genangan air hujan yang terkumpul, melainkan air yang memang bersumber dari bawah, dari cadas kapur yang sudah dikeruk.

Awalnya, bukit penambangan batu kapur putih ini tidak diperuntukan untuk umum.Namun, lama kelamaan beralih fungsi menjadi tempat wisata untuk umum. Tapi pada dasarnya bukit ini dikhususkan untuk penambangan batu kapur di wilayah Kabupaten Bangkalan, lebih tepatnya di Desa Jaddih.

Saat ini, Bukit Jaddih telah menjadi tempat wisata hits di Madura yang sedang populer dikalangan traveler muda. Harga tiket masuknya cukup murah meriah sekitar Rp 5.000-10.000. Di sini juga sudah tersedia gubug-gubug untuk menikmati makanan ringan dan minuman yang dijual oleh masyarakat sekitar.

38. Danau Kaolin

Danau Kaolin
Ilustrasi Danau Kaolin Desa Perawas (Foto : IG @rimademensah)
Indonesia memang kaya akan tempat wisata indah yang mirip dengan negara-negara lain di dunia. Salah satunya Danau Kaolin di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Konon, danau ini disebut-sebut mirip luar negeri yaitu Islandia. Hal ini karena bukit di sekitar danau tampak berwarna putih seperti salju benua Eropa.

Danau Kaolin sebenarnya bekas lokasi penambangan kaolin atau tanah liat yang menjadi mata pencaharian utama masyarakat Belitung. Akibat aktivitas tambang tersebut, tanah menjadi berlubang-lubang dengan kedalaman puluhan meter. Lalu, lama-kelamaan lubang ini terisi oleh air hujan dan terbentuklah danau.

Tempat wisata hits di Bangka Belitung ini menyuguhkan panorama alam berupa  kombinasi bebatuan putih dan air danau yang berwarna biru dan toska. Sungguh sangat cantik bila dijadikan sebagai spot foto atau lokasi pemotretan.

Danau Kaolin Desa Air Bara
Danau Kaolin Desa Air Bara (Foto : IG @citraadisti)
Ada dua tempat yang bisa kamu kunjungi untuk melihat Danau Kaolin atau yang dikenal dengan nama Camoi Aek Biru. Yang pertama berada di Desa Perawas Kecamatan Tanjungpandan, Kabupaten Belitung. Sedangkan danau lainnya bisa kamu temui di Desa Air Bara, Kecamatan Air Gegas, Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

39. Pantai Sendiki

Pantai Sendiki
Pantai Sendiki (Foto : IG @ghrenademesc)
Inilah tempat wisata baru di Malang yang paling menarik untuk dikunjungi, namanya Pantai Sendiki. Jarak pantai ini dengan pusat Kota Malang sekitar 65 km, dapat ditempuh kurang lebih dua jam berkendara. Kamu harus memakai kendaraan pribadi jika mau mengunjunginya karena belum ada angkutan umum dengan rute Pantai Sendiki.

Tak kalah indah dengan deretan pantai di Jogja yang sudah lebih dulu populer, Pantai Sendiki menyuguhkan pasir putih nan lembut dengan deburan ombak khas pesisir selatan Pulau Jawa. Keberadaannya yang tersembunyi jauh dari daerah perkotaan, membuat pantai ini relatif sepi, sangat ideal untuk menenangkan diri.

Untuk fasilitas disini cukup memadai, sudah ada toilet, warung penjual makanan / minuman, hingga spot ayunan yang sengaja dibuat oleh pengelola untuk berfoto. Alamat Pantai Sendiki terletak di Tambakrejo, Sumbermanjing Wetan, Malang, Jawa Timur. Harga tiket masuknya sekitar 10 ribu rupiah, sudah termasuk parkir.

40. Cukang Taneuh atau Green Canyon Pangandaran

Green Canyon Pangandaran
Green Canyon Pangandaran (Foto : IG @gammarizaldy)
Kalau Amerika Serikat punya Grand Canyon, maka Indonesia punya Green Canyon Pangandaran yang tak kalah indah. Gak percaya? Coba deh, datang langsung liburan ke sini, bersiap-siaplah untuk dibuat kagum oleh keeksotisannya.

Green Canyon atau yang dikenal dengan nama Cukang Taneuh ini terletak sekitar 31 km arah Selatan dari Pangandaran atau tepatnya di Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang. Tempat wisata hits di Pangandaran ini menyuguhkan aktivitas susur sungai dengan menggunakan perahu.

Selama perjalanan, kamu akan disuguhi pemandangan tebing yang dipenuhi lumut dan pepohonan hijau. Nah, karena tebing-tebing dan air sungainya berwarna hijau, maka disebut dengan nama Green Canyon. Untuk melihat kecantikannya, sebaiknya kamu berkunjung saat cuaca cerah, karena jika hujan air sungai berubah menjadi coklat.

41. Tebing Keraton

Tebing Keraton
Tebing Keraton (Foto : IG @hens4m)
Tebing Keraton merupakan sebuah tebing yang berada di dalam kawasan Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda. Lokasinya terletak di Kampung Ciharegem Puncak, Desa Ciburial, Kecamatan Cimenyan, Bandung, Jawa Barat, Indonesia.

Tempat wisata hits di Bandung ini menyuguhkan panorama hutan nan hijau dari ketinggian dan udara sejuk yang cocok untuk melepas penat dari kehidupan kota. Selain menikmati keindahan alam, aktivitas favorit wisatawan disini adalah berfoto atau selfie dengan latar hamparan pepohonan yang instagenic.

Tebing Keraton Bandung
Tebing Keraton Bandung (Foto : IG @cheriesnugraha)
Untuk mencapai tebing ini, kamu harus trekking melalui jalan yang lumayan licin dan terjal, jadi harus ekstra hati-hati. Keselamatan tetap yang utama gaes! Harga tiket masuknya lumayan murah, hanya sekitar 11 ribu rupiah per orang.

42. Pantai Pink

Pantai Pink Pink Beach
Pantai Pink / Pink Beach (Foto : IG @jordhammond)
Pada umumnya, pasir pantai berwarna putih, hitam, hingga coklat. Namun, pantai yang terletak di sebelah Barat dan merupakan bagian Taman Nasional Komodo ini berwarna pink. Unik dan keren bukan? Warna pasir yang demikian diduga karena pecahan karang dan biota laut di sana.

Saat kamu menginjakkan kaki di pasir pantainya, kamu akan dibuat takjub akan keindahannya. Hamparan pasir berwarna merah muda berpadu dengan air laut biru jernih nampak mempesona. Tekstur pasirnya yang begitu lembut dan bukit di belakangnya semakin menambah kecantikan tempat wisata terindah di Flores ini.

43. Gili Kedis

Gili Kedis
Gili Kedis (Foto : IG @tubagusedo)
Gili Kedis memiliki luas sekitar 1 hektar sehingga dari kejauhan pulau ini tak akan nampak. Untuk mengelilinginya, kamu hanya butuh waktu 5 - 7 menit dengan berjalan santai. Meskipun ukurannya relatif kecil, kecantikan Gili Kedis berani diadu dengan Gili Trawangan, Gili Air, dan Gili Meno yang sudah tersohor.

Pulau terindah di Lombok ini tidak berpunghuni, seluruh wilayahnya diselimuti pasir putih nan cantik. Jadi, ketika kamu menginjakkan kaki di sini, maka akan merasakan sensasi seperti sedang berada di pulau pribadi (private island).

Ombak yang lembut dan perairan tanpa karang, akan membuat siapa saja betah bermain air. Gili Kedis sangatlah fotogenik, ada puluhan spot foto bagus yang bisa kamu temui. Tak mengherankan bila banyak orang ingin prewedding atau berfoto-foto di sini.

Gili Kedis memang tak punya alam bawah laut untuk dijelajahi, namun kehadiran bintang laut di perairannya cukup mengobati rasa rindu akan keindahan biota laut. Tapi, jangan dipegang lho, cukup dilihat saja bintang lautnya. Alamat Gili Kedis terletak di Kecamatan Sekotong,Kabupaten Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

44. Danau Labuan Cermin

Danau Labuan Cermin
Danau Labuan Cermin (Foto : IG @meyz)
Danau Labuan Cermin adalah salah satu obyek wisata air yang berlokasi di Desa Labuan Kelambu, Kecamatan Biduk-biduk, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Sesuai dengan namanya, danau ini memiliki air yang sangat jernih layaknya sebuah cermin raksasa.

Bukan hanya indah, Labuan Cermin juga unik lho gaes, airnya merupakan perpaduan antara air asin (laut) dan air tawar. Jadi, pada bagian dasar / bawah danau terdiri atas air asin, sedangkan bagian permukaan atasnya tersusun oleh air tawar. Kedua jenis air ini tak pernah bercampur satu sama lain, keren bukan?

Untuk mencapai tempat wisata hits di Pulau Kalimantan ini, kamu harus berusaha ekstra keras. Pasalnya diperlukan waktu sekitar 20-24 jam perjalanan darat dari Samarinda, atau melalui jalur udara dari Bandara Sepinggan Balikpapan menuju Bandara Tanjung Redeb, lalu dilanjutkan 6 jam perjalanan darat.

Semua jerih payah kamu akan terbayar setelah tiba di Danau Labuan Cermin. Hamparan air jernih yang luas berwarna biru dan udara sejuk akan segera menghapus keringat kamu. Di sini, kamu bisa melakukan aktivitas diving, snorkling, dan berenang.

45. Pantai Mandorak

Pantai Mandorak
Pantai Mandorak (Foto : IG @ismailrajasulbar)
Pantai Mandorak merupakan salah satu tempat wisata indah di Sumba Indonesia yang belum diketahui oleh banyak orang. Lokasinya tersembunyi di Desa Kalena Rongo, Kecamatan Kodi Utara, Kabupaten Sumba Barat Daya, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Air laut yang bening berwarna biru akan langsung dapat kamu saksikan ketika tiba di pantai ini. Hamparan pasir pasir putih dan ombak yang tidak terlalu kuat semakin mempercantik Pantai Mandorak. Luas Pantai Mandorak sendiri hanya selebar kira-kira 50 meter. Posisinya berada dibalik tebing curam dan dihubungkan dengan laut oleh celah karang selebar 3 meteran.

46. Bukit Belong Klungkung Bali

Bukit Belong Klungkung
Bukit Belong, Klungkung (Foto : IG @mdbakta_kardana)
Pulau Bali memang tak ada matinya, selalu menyuguhkan destinasi baru bagi para traveler. Nah, selain pantai, ada satu tempat wisata terindah di Bali yang akhir-akhir ini lagi hits di media sosial yaitu Bukit Belong. Lokasinya berada di Jl. Raya Gunaksa, Gunaksa, Dawan, Kabupaten Klungkung, Bali.

Dari atas bukit ini, kamu bisa menyaksikan hijaunya hamparan kebun, sawah, dan pepohonan bersanding dengan birunya langit dan laut. Menurut info, harga tiket masuk seharusnya seh gratis, tapi mungkin karena sudah semakin banyak wisatawan yang datang sehingga ditarik uang retribusi 5 ribuan.

47. Kawah Ijen

Kawah Ijen Banyuwangi
Kawah Ijen Banyuwangi (Foto : IG @emmett_sparling)
Kawah Ijen tempat wisata di Banyuwangi yang paling terkenal hingga penjuru dunia. Daya tarik utama kawah ini berupa api biru (baca : blue fire) fenomenal yang konon kabarnya hanya ada 2 di bumi ini. Satu berada di Indonesia, satunya lagi ada di luar negeri yaitu Islandia. Tak heran jika banyak turis asing dari manca negara yang rela datang jauh-jauh untuk melihat keindahan blue fire Kawah Ijen.

Api biru termasuk fenomena alam, terbentuk karena gas yang keluar dari tanah bertemu dengan oksigen lalu muncul keadaan seperti api berwarna biru. Untuk melihatnya, kamu harus berada di sekitar kawah saat malam hari, karena api ini hanya bisa tampak saat matahari tenggelam sampai matahari kembali terbit.

Menurut informasi yang saya terima, waktu terbaik untuk melihat api biru adalah ketika dini hari sampai pukul 05.00 WIB pagi. Sebab saat itu, oksigennya sangat bagus dan api birunya terlihat sempurna. Bagaimana gaes? Tertarik untuk menyaksikannya? Kalau iya, kamu harus menyiapkan fisik yang prima untuk mendaki karena Gunung Ijen punya ketinggian 2.443 mdpl.

48. Gunung Prau

Gunung Prau Dieng Wonosobo
Gunung Prau Dieng Wonosobo (Foto : IG @dolanmburiomah)
Gunung Prau memiliki ketinggian sekitar 2.565 meter di atas permukaan laut, berada di perbatasan 4 kabupaten, yaitu Banjarnegara, Wonosobo, Batang juga Kendal. Daya tarik utama Prau adalah sunrise cantik yang tak ada duanya sehingga menasbihkannya sebagai salah satu gunung terindah di Indonesia favorit wisatawan.

Medan yang digunakan untuk mendaki Gunung Prau relatif mudah, pendaki pemula pun sepertinya tak akan kesulitan. Tapi, tetap persiapkan fisik yang prima dan fresh bila ingin menuju puncaknya. Dari puncak Prau, tampak jelas pemandangan kota Dieng yang bermandikan cahaya saat masih malam/dini hari.

Untuk melihat sunrise, biasanya wisatawan menginap menggunakan tenda disini. Dengan catatan, cuaca cerah dan tidak musim hujan. Tak jauh dari sini, ada juga Bukit Teletubbies yang menjadi spot keren untuk berfoto. Selain Gunung Prau, ada juga Bukit Sikunir yang menjadi tempat wisata hits di Wonosobo untuk melihat Golden Sunrise.

49. Taman Nasional Wakatobi

Taman Nasional Wakatobi
Taman Nasional Wakatobi (Foto : IG @wakatobidivetrip)
Taman Nasional Wakatobi termasuk salah satu dari 50 taman nasional terindah di Indonesia yang terletak di Kabupaten Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara.
 Taman ini mempunyai keindahan bawah laut yang sangat mengagumkan.

Terletak di segitiga karang dunia, Wakatobi dianugerahi terumbu karang yang masih sangat sehat, beraneka ragam makhluk laut, dan ikan-ikan cantik. Visibility atau jarak pandang di perairan Wakatobi juga terhitung sangat baik, mencapai 20-25 meter pun masih tetap tampak jelas. Tak berlebihan, bila taman ini dikatakan sebagai spot diving terbaik di Indonesia yang wajib dikunjungi.

Ada sekitar 40 lokasi diving yang bisa kamu temui disini, namun bila tak ada waktu menjelajahi semuanya, kamu bisa mencoba menyelam di 4 spot terbaik untuk melihat alam bawah laut yaitu House Reef, Cornucopia, Coral Garden, dan Roma.

50. Pulau Banyak, Aceh

Kepulauan Banyak
Ilustrasi gugusan pulau cantik di Kepulauan Banyak (Foto : IG @ayodolan)
Pulau Banyak adalah sebuah kepulauan yang terdiri dari 63 pulau besar dan kecil yang terletak di sebelah barat pulau Sumatera berjarak 26 mil laut lepas pantai Singkil. Secara administratif, kepulauan ini masuk dalam wilayah Kabupaten Aceh Singkil, Provinsi Aceh.

Jika di timur Indonesia ada Raja Ampat, maka di ujung barat ada Pulau Banyak yang cantik. Perairan lautnya sangatlah indah, terumbu karang dengan flora fauna yang khas seperti tumbuhan laut dan ikan-ikan karang berwarna warni dapat kamu temui di sini.

Hampir semua gugusan pulau di Kepulauan Banyak memiliki pantai berpasir putih bersih. Misalnya saja Pulau Palambak, hamparan pasir putihnya terbentang lebih dari 5 kilometer. Tak hanya itu, beberapa pulau di sana juga memiliki ombak laut yang cocok untuk surfing. Contohnya, Pulau Bangkaru dengan tinggi ombak lautrata-rata 5-6 meter.

Pulau Tailana
Pulau Tailana di Kepulauan Banyak Aceh (Foto : IG @akbarrisyandi)
Salah satu pulau yang banyak diminati turis di gugusan Pulau Banyak adalah Pulau Tailana. Pulau ini memang ukurannya tidak terlalu besar tapi banyak aktivitas menarik yang bisa dilakukan di sana. Seperti bertemu dugong atau ikan duyung, hingga berenang di kolam renang bungalow dengan pemandangan sekitar pulau yang sangat spektakuler.

51. Pantai Tarimbang

Pantai Tarimbang
Pantai Tarimbang (Foto : IG @jonathhani)
Kawasan timur Indonesia memang selalu menyuguhkan keindahan alam yang tiada duanya. Banyak sekali tempat-tempat indah tersembunyi di sini yang belum terekspos oleh media atau pun wisatawan. Diantaranya yaitu Pantai Tarimbang di Kecamatan Tabundung, Kabupaten Sumba Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Daya tarik utama pantai ini terletak pada hamparan pasir putihnya yang bersih, lembut, dan padat layaknya tepung, membentang sepanjang 2 kilometer membentuk leter U. Untuk menikmati sunset di sini, kamu harus ke bagian timur dari pantai, dekat tebing. Dari sinilah momen matahari tenggelam akan tampak dengan indahnya.

Tempat wisata terindah di Nusa Tenggara Timur ini oleh warga setempat dikenal dengan nama Pantai Pamili Kaba. Suasananya masih sepi, jarang dikunjungi wisatawan sehingga kamu akan merasakan kedamaian dan ketenangan dalam menikmati deburan ombak hingga pasir pantai.

52. Tanjung Meriam

Tanjung Meriam
Tanjung Meriam (Foto : IG @sulfanf)
Tanjung Meriam merupakan sebuah pantai di Kecamatan Lambu, Kabupaten Bima, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Selain mempunyai pasir putih dan air laut biru yang indah, pantai ini juga punya bukit unik terdiri atas tumpukan batu berbentuk heksagonal. Katanya seh mirip seperti Planet Kripton di film Superman.

Konon kabarnya, jenis batu columnar joint ini memiliki struktur yang hampir sama dengan situs Gunung Padang di Jawa Barat. Asal mula dari batu ini, ada yang mengatakan terbentuk secara alami, ada pula yang berpendapat hasil runtuhan candi kuno.

Bagaimana gaes? Penasaran dengan batu ini? Datang saja langsung berkunjung ke tempat wisata hits di Nusa Tenggara Barat ini. Suasananya asyik dan nyaman, masih relatif sepi pengunjung sehingga kamu bisa menikmati pantainya dengan leluasa.

53. Curug Cikaso

Curug Cikaso
Curug Cikaso (Foto : IG @hilmanwinanjar17)
Kawasan wisata Sukabumi akhir-akhir ini sedang naik daun menyaingi kota Bandung dan Bogor. Bahkan bisa dibilang, Sukabumi memiliki destinasi yang lebih lengkap karena punya pantai cantik, sedangkan kedua kota tersebut tak punya pantai.

Nah, salah satu tempat menarik yang wajib kamu kunjungi saat ke Sukabumi adalah Curug Cikaso. Lokasinya berada di Dusun Ciniti, Cibitung, Kec. Surade, Cibitung, Sukabumi, Jawa Barat. Dengan ketinggian mencapai 80 meter, membuat jatuhan air yang deras tampak begitu indah mengalir menjadi 3 bagian.

Alamnya yang masih asri dengan udara sejuk, semakin menambah keelokan air terjun terindah di Jawa Barat ini. Selain indah dipandang, Curug Cikaso juga keren dijadikan spot atau latar berfoto. Jadi, jangan sampai kameramu ketinggalan saat pergi ke sini.

54. Taman Safari Indonesia

Taman Safari Indonesia Bogor
Taman Safari Indonesia Bogor (Foto : IG via @taman_safari)
Taman Safari Indonesia adalah tempat wisata anak dan keluarga di Indonesia yang berwawasan lingkungan serta berorientasi pada habitat satwa di alam bebas. Alamat dan lokasinya berada di Jalan Raya Puncak No.601, Cibeureum, Cisarua, Bogor, Jawa Barat.

Diresmikan pada tahun 1990, objek wisata unggulan di Bogor ini menawarkan safari untuk setiap pengunjungnya. Dengan menggunakan kendaraan, kamu bisa keliling TSI Cisarua dan melihat langsung kehidupan satwa di habitat alam bukan dalam kandang.

Karena seluruh hewan disini dilepas bebas seolah berada di alam liar, maka kamu jangan sekali-kali keluar kendaraan demi keselamatan. Cukup melihat dari dalam mobil saja gaes! Beberapa satwa yang bisa kamu temui antara lain zebra, gajah, beruang madu, unta dan kuda nil.

55. Pulau Pahawang

Pulau Pahawang
Pulau Pahawang (Foto : IG @yuviutomo)
Pulau Sumatera ternyata menyimpan sejumlah objek wisata tersembunyi yang tak kalah cantik dengan kawasan Indonesia Timur. Salah satunya adalah Pulau Pahawang di kecamatan Marga Punduh, Kabupaten Pesawaran, Lampung, Indonesia.

Pulau ini disebut-sebut sebagai surga baru karena keindahannya yang mencuri hati dan tak jauh pula dari Jakarta. Buat kamu yang bosan dengan Kepulauan Seribu, bisa mampir ke Pahawang. Ada beberapa pulau kecil nan cantik disini, antara lain Pulau Kelagian Kecil, Pulau Kelagian Besar, Pulau Pahawang Kecil, dan Pulau Pahawang Besar.

Selain keindahan pantai pasir putihnya, Pahawang juga punya panorama bawah laut yang mengagumkan. Kamu dapat melakukan snorkeling untuk melihat terumbu karang dan ikan cantik. Perairannya sangat jernih, kamu pun akan betah berlama-lama menikmati keelokan tempat wisata yang lagi hits di Lampung ini.

56. Danau Satonda

Danau Satonda
Danau Air Asin Pulau Satonda (Foto : IG @afiholle)
Pulau Satonda yang terletak di Kabupaten Dompu, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) mempunyai sebuah danau cantik yang berada di tengah-tengahnya, namanya Danau Satonda. Keberadaan danau ini terbilang cukup unik karena airnya terasa asin, bukan tawar.

Konon, menurut info yang saya terima, Danau Satonda terbentuk akibat letusan Gunung Satonda pada ribuan tahun silam. Pada mulanya danau terisi oleh air tawar, namun akibat Letusan Gunung Tambora, tsunami pun terjadi dan mengantar air laut ke dalam danau sekaligus mengubahnya jadi danau air asin seperti sekarang.

Tempat wisata terindah di Dompu ini memiliki pemandangan alam nan eksotis, udaranya masih segar bebas dari polusi perkotaan tentunya. Liburan ke Pulau Satonda biasanya dipaketkan melalui "Island Hopping", dengan tujuan destinasi lainnya berupa Pulau Moyo, Air Terjun Mata Jitu, Takat Sagale dan Pulau Kenawa.

57. Goa Boki Moruru

Goa Boki Moruru
Goa Boki Moruru (Foto : IG @gatotart)
Mungkin belum banyak orang tahu, kalau salah satu goa terindah di Indonesia terletak di hulu Sungai Sageyen, Desa Sagea, Kabupaten Halmahera Tengah, Provinsi Maluku Utara. Namanya Goa Boki Moruru. Keindahan goa ini makin memukau dengan pemandangan aliran Sungai Sagayen.

Goa ini termasuk jenis water cave, hampir sama seperti Goa Pindul di Gunung Kidul Yogyakarta. Untuk mencapai mulut gua, kamu bisa menyusuri sungai menggunakan perahu sederhana atau ketinting. Sepanjang perjalanan kamu akan disuguhi pemandangan indah sungai sageyen sambil mendengarkan kicauan burung.

Spot unik dan keren yang wajib kamu kunjungi tentu saja "batu susun", sebuah tempat yang tersusun rapi oleh batu berwarna-warna nan cantik. Selain itu, goa ini juga sangatlah panjang, bahkan konon katanya belum diketahui diman ujungnya. Jarak terjauh yang pernah dicapai sekitar 7,8 km.

Nah, itu dia sobat traveler, beragam tempat wisata terindah dan hits di Indonesia yang belum terjamah oleh wisatawan. Keren dan bagus bukan? Tak kalah cantik deh dengan pariwisata luar negeri. Buat kamu yang punya info destinasi baru lainnya bisa menambahkan pada kolom komentar, semoga bermanfaat.

Related Posts